Malang, (malangkota.go.id) – Puncak acara KIM Award 2022 telah digelar pada Rabu (7/12/2022) malam. Ajang apresiasi bagi para kelompok informasi masyarakat yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang ini dibarengi dengan Launching Satu Data dan Malpro di Hotel Aria Gajayana Hotel.

KIM Award 2022 yang diselenggarakan Diskominfo Kota Malang sebagai Ajang apresiasi bagi para kelompok informasi masyarakat 

Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, S.Sos menyampaikan bahwa pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini ditujukan sebagai mitra Pemkot Malang dalam jejaring diseminasi informasi publik.

“Dari total 57 kelurahan, telah terbentuk KIM di 34 kelurahan serta 17 KIM di antaranya menjadi peserta KIM Award 2022. Sebagai bagian dari pembinaan dan apresiasi terhadap KIM, dilaksanakanlah KIM Award,” ungkap Wiwid.

Lebih lanjut Wiwid menuturkan bahwa KIM Award digelar sebagai bentuk evaluasi terhadap pemanfaatan media sosial dan website yang dimiliki dalam diseminasi informasi dan mengangkat potensi wilayah masing-masing, serta pemberian apresiasi bagi KIM yang berprestasi.

Pada tahun ini, KIM Award mengangkat tema ‘Ekonomi Berdaya’. Mendukung hal ini  Diskominfo juga telah menggelar berbagai pembekalan bagi KIM agar semakin berkualitas dan berdaya. Beberapa pembekalan yang diberikan, di antaranya teknik pembuatan video, penulisan jurnalistik, juga pengetahuan ekonomi digital. Dengan kapabilitas yang dimiliki KIM, diharapkan potensi wilayah di masing-masing wilayah dapat terpublikasi. Selain itu juga untuk meningkatkan semangat entrepreneurship, khususnya pada potensi ekonomi digital.

Wiwid juga mengapresiasi semua KIM yang telah terbentuk di Kota Malang. Menurutnya, 38 KIM yang ada sudah berjalan dengan baik dan pada “track” nya. “Untuk yang terpilih menjadi terbaik dan diumumkan tadi, poinnya adalah untuk mengelola teknologi informasi, sosial media agar mampu bersifat interaktif. Lalu video dan infografis yang dibuat agar benar berbicara, mudah dipahami dan dicerna,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji ikut mengapresiasi eksistensi KIM di Kota Malang. Dia mengharapkan agar KIM Kota Malang dapat berperan, serta meningkatkan literasi masyarakat dengan mewartakan berita yang benar dan tentunya harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

”Saat ini kita dituntut untuk kerja cerdas, kerja cepat, dan produktif. Akselerasi dan kolaborasi ini menjadi keniscayaan. Terima kasih kepada teman-teman KIM yang sudah menjadi mitra untuk mendokumentasikan dan mempromosikan potensi wilayahnya,” tutup Sutiaji.

Pada gelaran ini disampaikan apresiasi kepada lima KIM yang pada tahun ini mendapat nilai terbaik. KIM Karangbesuki mendapat predikat terbaik pada ajang ini. Diikuti oleh KIM Gerabah (Kelurahan Penanggungan) dan KIM NUKUS (Kelurahan Sukun) sebagai  juara kedua dan ketiga. Sementara KIM Mbois Ilakes (Kelurahan Blimbing) terpilih menjadi juara harapan satu dan KIM OBAMA (Kelurahan Bareng)  sebagai juara harapan dua. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content