Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Fokus Tuntaskan Proker, Wali Kota Sutiaji Serius Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Peningkatan kualitas dan mutu kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, utamanya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat menjadi target utama Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di tahun 2023.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji (berkopiah) saat melakukan sidak dan berdialog dengan aparatur di kelurahan

Berbagai prestasi yang berujung penghargaan selama periode kepemimpinan Wali Kota Malang Sutiaji tidak membuat wali kota yang kerap disapa Sam Sutiaji ini berpuas diri, khususnya terkait dengan kualitas pelayanan publik. Sutiaji pun semakin intens menyoroti kualitas pelayanan yang harus terus ditingkatkan demi terciptanya kepuasan masyarakat.

Seperti yang terpotret pada Rabu (4/1/2022), Wali Kota Malang didampingi jajaran Asisten Pemkot Malang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kelurahan Tasikmadu dan Kelurahan Tunggulwulung. Kehadiran Wali Kota Malang ini bukan saja untuk memastikan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik, namun juga untuk berdialog langsung dengan seluruh aparatur kelurahan dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang terjadi di wilayah kelurahan.

“Saya menyempatkan hadir di sini untuk mengecek pelayanan dan mencari solusi langsung terhadap permasalahan yang ada, seperti fasum (fasilitas umum) yang harus segera dibenahi dan sarana prasarana yang dibutuhkan warga,” ungkap Sutiaji.

Lebih lanjut disampaikan Sutiaji, pihaknya juga melakukan pengecekan internal aparatur di kelurahan seperti absensi dan sarana prasarana kantor. “Saat ini saya juga melakukan monitoring pada seluruh pejabat struktural yang ada di kelurahan untuk masing-masing dapat memaparkan fungsi, rencana kerja dan progres kinerjanya,” jelas pria penghobi olahraga bulu tangkis tersebut.

Sutiaji juga menekankan agar seluruh pejabat struktural dapat tetap fokus agar target kinerjanya dapat tercapai. “Peningkatan kinerja di tahun 2023 menjadi target kita bersama agar Kota Malang menjadi kota yang bermartabat sesuai visi misi yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Pada momen ini tampak sekali kedekatan orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang ini dengan jajarannya. Tak ada suasana canggung dalam dialog yang berlangsung, dan ini menjadi momen yang unik dan menarik.

Sutiaji juga mengingatkan tentang update kondisi masyarakat, khususnya terkait dengan Posyandu, bayi gizi buruk (stunting), serta perhatian khusus kepada penderita disabilitas. Sutiaji sangat berharap masyarakat bisa benar-benar terlayani dari berbagai aspek sebagai bentuk komitmen visi misi yang sudah ditetapkan.

“Sidak ini akan kita lakukan secara ajek di semua perangkat daerah (di lingkungan Pemkot Malang) secara bergiliran. Tujuannya tentu untuk memotivasi ASN di lingkungan Pemkot Malang agar dapat terus berinovasi dalam rangka peningkatan kinerja,” tandasnya. (hms/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content