Lowokwaru (malangkota.go.id) – Mbah Mujeni, seorang ibu sepuh yang tinggal seorang diri ditemani bebek peliharaan kesayangannya di sebuah rumah sederhana yang jauh dari kata terawat di Gg. 8, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat mengunjungi Mbah Mujeni

Di rumah dengan dinding usang dan halaman yang kurang terawat itu tampak ada mainan dipajang di jendela rumah. Di sudut lain, tampak juga tumpukan barang rongsokan. Namun, Mbah Mujeni menjalani kesehariannya dengan senang hati dan ikhlas, tak tampak raut muka sedih ataupun susah hati.

Di usianya yang menginjak 82 tahun, Mbah Mujeni tetap bersemangat untuk bekerja. Bahkan, si mbah masih mampu untuk berjalan kaki hingga ke Dau untuk berdagang. Sehari-harinya Mbah Mujeni mengais rezeki dengan menjual aneka mainan anak ke sekolah-sekolah. Seringkali Mbah Mujeni juga mengumpulkan rongsokan untuk mendapatkan rezeki.

Rumah Mbah Mujeni ini menjadi salah satu titik lokasi kunjungan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji bersama rombongan saat bersepeda (gowes) bersama yang dirangkaikan dengan temu warga di Kelurahan Merjosari, Kelurahan Tlogomas, dan Kelurahan Dinoyo, Jumat (13/1/2023).

Usai meninjau kondisi rumah dan berdialog langsung dengan Mbah Mujeni, Wali Kota Sutiaji menginstruksikan perangkat daerah terkait bersama RT dan RW untuk melakukan pembenahan, seperti halnya memasang paving di halaman dan merapikan isi rumah.

“Jadi biar nanti enak, dipaving (halamannya). Tapi gak oleh digawe rosokan (Tapi tidak boleh untuk tempat rongsokan_red). Ndek njero dibenakno sing apik, ben saged kanggo sholat (Di dalam rumah dibetulkan yang bagus, biar bisa dipakai untuk salat_red) ,” ucap pria berkacamata itu.

Sutiaji pada kesempatan ini juga menyerahkan sejumlah bantuan berupa tiga paket sembako dan uang tunai. “Terima kasih Pak Wali Kota Malang. Kula pingin dibenakaken griyo kula (saya kepingin rumah saya diperbaiki_red) ,” kata Mbah Mujeni lirih.

Selain Mbah Mujeni, ada delapan titik di Kelurahan Merjosari, Tlogomas, dan Dinoyo yang dikunjungi Wali Kota Malang bersama jajaran Pemkot Malang. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content