Klojen (malangkota.go.id) – Keberhasilan sebuah program kerja dan adanya kondusivitas suatu daerah, salah satunya ditentukan oleh adanya sinergitas antara jajaran Forum Koordinasi Pimpinam Daerah (Forkopimda), sehingga berbagai upaya pun dilakukan oleh Forkopimda Kota Malang guna mewujudkannya.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi senam bersama TNI-Polri dan Forkopimda di Lapangan Brawijaya Rampal

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko usai olahraga bersama TNI-Polri dan Forkopimda di Lapangan Brawijaya Rampal Kota Malang, Jumat (24/2/2023).

Disampaikan pria berkacamata itu, bahwa olahraga bersama ini salah satu contoh kecil wujud sinergitas.

Perwujudan sinergitas TNI-Polri dan pemerintah daerah di Kota Malang selama ini, menurut pria yang akrab disapa Bung Edi itu sudah terwujud dengan baik melalui sejumlah program riil. Seperti dalam mengatasi bencana alam, membantu warga kurang mampu dan menjaga keamanan  serta ketertiban masyarakat.

“Ke depan, sinergi yang sudah terbangun dengan baik ini akan terus kita kuatkan. Begitu juga realisasinya di lapangan. Seperti saat ini menjelang Pemilu Serentak pada 2024 nanti atau pada tahun politik yang gaungnya mulai terasa,” imbuh Bung Edi.

Lebih konkret dia menyebutkan adalah bagaimana nanti Forkopimda turut mengawal lancar dan amannya proses Pemilu. Karena masyarakat Kota Malang adalah masyarakat yang majemuk, terdiri dari berbagai suku, agama dan budaya. “Dengan demikian, nantinya akan terlahir calon-calon pemimpin yang amanah serta bermoral,” urai Bung Edi

Menurutnya, dari sinergitas ini tidak hanya berdampak terhadap kondusivitas daerah, tapi juga membawa dampak positif di sektor lain. Misalnya ekonomi, sosial dan kualitas sumber daya manusia yang mempuni serta berdaya saing tinggi. “Maka dari itu, sinergitas TNI-Polri dan Forkopimda ini juga perlu mendapat dukungan penuh dari semua lapisan masyarakat,” tegas Bung Edi.

Hal senada disampaikan Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Kav. Heru Wibowo Sofa. Menurutnya, kekuatan suatu daerah sangat ditentukan oleh kerjasama dan hubungan baik Forkopimda yang didalamnya ada unsur TNI-Polri.

“Hingga saat ini, sinergitas TNI-Polri dengan pemda setempat di Kota Malang sudah terbangun dengan baik. Kebersamaan dari hal-hal kecil harus terus dikuatkan, sehingga akan menghindarkan dari adanya gesekan dan dapat mengatasi berbagai permasalahan. Seperti halnya yang kami lakukan seperti hari ini yaitu dengam berolahraga bersama,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content