Anak Berita

Siswa SDN Tunjungsekar 1 Ikuti UKD

Lowokwaru (malangkota.go.id) – 84 siswa kelas VI SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang mengikuti Uji Kompetensi Daerah (UKD) yang mulai dilaksanakan pada hari Senin (6/5/2024) hingga Selasa (7/5/2024).

Para siswa melaksanakan Uji Kompetensi Daerah (UKD) SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang

UKD merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang dengan tujuan untuk mendapatkan nilai  yang akan digunakan sebagai syarat memasuki Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi akademik ke SMP Negeri Kota Malang.

Pelaksanaan UKD kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu menguji sembilan mata pelajaran sebagai syarat kelulusan, maka kali ini menggunakan materi Literasi dan Numerasi. Literasi dan Numerasi merupakan kemampuan dasar yang sering dilakukan setiap hari.

Literasi merujuk kepada kemampuan seperti menulis, membaca, dan memahami teks tulis. Sementara numerasi merujuk pada kemampuan dalam menghitung dan memanipulasi angka. Metode tersebut juga memberikan banyak pemahaman lebih dalam menganalisis bentuk-bentuk soal.

Kepala SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang, Budi Hartono M.MPd mengatakan bahwa siswa diberikan materi literasi dan numerasi dalam bentuk soal cerita. “Materi tersebut sebagai latihan anak-anak agar mereka memiliki pemahaman dan wawasan yang luas dalam menyimpulkan soal cerita dan bagaimana menghitung dengan benar” terangnya, Selasa (7/5/2024)

UKD di SDN Tunjungsekar 1 menggunakan dua ruangan yaitu ruang multimedia dan ruang aula dengan fasilitas 38 komputer dan empat laptop.

UKD di Tunjungsekar 1 ini dilakukan dengan tiga alur, terdiri dari sesi uji coba dan dua sesi ujian. Sesi ujian pertama dilaksanakan pukul 9.15 WIB sampai dengan 10.45 WIB. Sedang sesi ujian kedua dilakukan pada pukul 11.15 WIB sampai dengan 12.45 WIB.

“Yang namanya kegiatan pasti ada kendala, baik besar atau kecil. Namun sejauh ini tidak ada kendala serius karena kita sudah mempersiapkan UKD ini jauh sebelum hari pelaksanaan. Sebelum UKD juga kami memberikan latihan kepada siswa agar mereka dapat mengerjakan ujian dengan baik dan benar,” lanjut Budi.

Wali Kelas VI, Iim Fatmawati berharap pelaksanaan UKD kali ini tertib dan tidak ada kendala. “Semoga lancar dan sesuai dengan peraturan pelaksanaan UKD yang sudah ditentukan,” sambungnya.

Sementara itu, siswa kelas VI, Dannisya Rizky Mahendra mengungkapkan pelaksanaan UKD ini kekurangannya adalah proses loading yang lama. Tapi untuk soal yang dikerjakan terbilang tidak sulit.

“Kami disuruh istirahat untuk menunggu masuk ke server, Alhamdulilah saya bisa mengerjakan 40 soal dengan baik. Pesan saya saat mengerjakan UKD bacalah soal dengan teliti dan tetap semangat,” katanya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content