Berita Perempuan

Cara Kecamatan Kedungkandang Peringati Hardiknas

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Ada banyak cara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), salah satunya yang dilakukan TP PKK Kecamatan Kedungkandang hari ini, Selasa (7/5/2024). Peringatan Hardiknas tahun ini mendorong TP PKK Kedungkandang menggelar kegiatan pelatihan bahasa isyarat dan lomba story telling dengan menggunakan bahasa ibu.

Pelatihan bahasa isyarat dan lomba story telling dengan menggunakan bahasa ibu di Kecamatan Kedungkandang

Ketua TP PKK Kecamatan Kedungkandang Dra. Rr. Hannie Purwandari menyampaikan bahwa melalui pelatihan bahasa isyarat Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik dengan penyandang disabilitas tuna rungu. “Karena suatu saat tentu ada rekan difabel yang harus mengurus keperluan administrasi, kita usahakan pelayanan terbaik untuk mereka. Makanya kami undang petugas Dispendukcapil, puskesmas, bagian pelayanan di kelurahan, juga termasuk para orang tua ABK. Jumlah peserta sekitar 50 orang,” terangnya.

Sementara itu, untuk lomba story telling dengan menggunakan bahasa ibu ditujukan untuk membudayakan kembali penggunaan bahasa daerah. Pesertanya adalah ibu dan anak perwakilan dari setiap kelurahan se-Kecamatan Kedungkandang yang sebelumnya telah diseleksi di tingkat kelurahan.

Pj. Ketua TP PKK Dra. Hj. Hanik Andriani Wahyu Hidayat yang turut hadir mengungkapkan sangat terkesan dengan kegiatan yang melibatkan banyak perempuan, difabel, dan anak-anak ini. Tentu ini menunjukkan Kota Malang yang makin inklusif.

“Saya harapkan acara ini dapat memotivasi kita semua untuk bisa meningkatkan keterampilan berbahasa isyarat sehingga dapat berkomunikasi lebih baik dengan anak, saudara, atau teman kita yang terlahir berbeda ini.  Selain itu, mari kita budayakan untuk memperdengarkan cerita yang mengandung banyak petuah bagi anak-anak, yang juga disampaikan dengan bahasa ibu,” tutur Hanik.

Hanik menyampaikan apresiasinya atas terobosan yang dilakukan di Kecamatan Kedungkandang. “Program Bunda PAUD dimana-mana kurang lebih sama, sasarannya juga sama. Yang membedakan adalah terobosannya, dan di sini saya temukan terobosan itu,” ucapnya antusias.

Momen ini sekaligus menjadi kegiatan peringatan Hari Kartini. TP PKK Kecamatan Kedungkandang juga mengadakan workshop decoupage dan workshop pembuatan bouquet snack yang diikuti oleh 30 orang terdiri dari para guru PAUD dan TP PKK kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Kedungkandang. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content