Berita

Wali Kota Malang Sampaikan Tentang Makna Puasa

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Safari Ramadan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang dilakukan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji bersama jajaran Pemkot Malang berlanjut. Setelah menyambangi Masjid Al-Islami, kali ini Safari Ramadan dilaksanakan di Masjid Al-Huda, Jl Puncak Borobudur No. 19 Kelurahan Mojolangu Kota Malang, Minggu (9/4/2023).

Wali Kota Malang Sutiaji bersama takmir masjid saat melihat bangunan masjid yang masih dalam tahap pembangunan

Dalam tausiahnya, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jemaah Masjid Al-Huda serta warga masyarakat. Peletakan batu pertama pembangunan kembali Masjid Al-Huda dilakukan pada 2 Februari 2022. “Sekarang tanggal 9 April 2023 pembangunannya sudah mencapai 72 persen,” terangnya.

Wal Kota Malang pada kesempatan ini menjelaskan pentingnya merenungi makna puasa di Bulan Suci Ramadan, yakni menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa sejak terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari.

Pria berkacamata tersebut menyontohkan perbandingan kenikmatan antara makan pecel di pagi atau siang hari dengan kenikmatan makan pecel saat berbuka puasa. Tentunya nikmat berbuka lebih menyenangkan. “Itulah esensi dari ibadah puasa, disuruh untuk menahan diri (dari hawa nafsu),” tuturnya.

Lebih lanjut disebutkannya bahwa dengan melaksanakan puasa wajib ini dapat meningkatkan pengendalian diri, karena makna berpuasa adalah tidak hanya menahan lapar, tetapi juga harus mampu untuk menahan hawa nafsu dan juga perbuatan buruk lainnya. “Puasa ini adalah ujian diri untuk melatih kesabaran,” tukas Sutiaji.

Sementara itu Takmir Masjid Al-Huda Ahmad Firdaus mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran Wali Kota Malang bersama segenap jajarannya. Dikatakannya ini dapat menambah semangat para takmir dalam berdakwah dan melayani umat. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content