Pelayanan Publik

Kunci Keselamatan, Masinis Jalani Asesmen Ketat Sebelum Bertugas

Malang (malangkota.go.id) – Pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023 ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain – lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Asesmen yang dijalani masinis dan asisten masinis sebelum melakukan tugasnya

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Minggu (23/4/2023) mengatakan, untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP, serta dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan prioritas terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan untuk menjadikan mudik dengan kereta api aman dan berkesan.

Dari sisi keselamatan, terdapat proses persiapan ketat yang harus dilakukan masinis dan asisten masinis sebelum melakukan tugasnya. Serangkaian persiapan itu merupakan upaya KAI untuk memastikan masinis dan asisten masinis dalam kondisi prima saat bertugas pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023 ini.

Apabila masinis atau asisten masinis tidak memenuhi persyaratan, maka tidak dapat melanjutkan tugasnya dan digantikan oleh personel pengganti. Lebih lanjut, Luqman Arif mengatakan salah satu kunci keselamatan kereta api adalah asesmen ketat awak sarana perkeretaapian, dalam hal ini adalah masinis dan asisten masinis.

“Masinis dan asisten masinis wajib datang 45 menit lebih awal untuk melakukan berbagai persiapan. Setelah mengisi daftar hadir, masinis dan asisten masinis harus menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan, seperti suhu tubuh dan tekanan darah, serta melakukan asesmen dengan penyelia dinasan dalam bentuk wawancara,” imbuhnya.

Saat menjalani asesmen dengan penyelia, kata Luqman, masinis dan asisten masinis akan diberi beberapa pertanyaan, dan melakukan tes tunjuk sebut semboyan perkeretaapian. Lebih lanjut setelah proses asesmen lengkap, masinis dan asisten masinis akan menerima dokumen serta perlengkapan perjalanan dinas dan menandatangani atau membacakan pernyataan – pernyataan dinas.

Di samping itu sebelum melakukan dinasannya, masinis dan asisten masinis juga harus melihat, membaca, serta memahami pengumuman dan instruksi di kantor UPT PT KAI. Luqman Arif menegaskan, persiapan – persiapan tersebut merupakan proses yang harus dilalui sebagai salah satu kunci keselamatan kereta api KAI untuk memastikan masinis dan asisten masinis dalam kondisi prima saat bertugas pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023 ini maupun pada dinasan sehari-harinya.

Apabila masinis dan asisten masinis dinilai tidak siap atau tidak memenuhi salah satu persyaratan, maka mereka akan segera ditukar dengan personel lain. Rangkaian panjang proses yang harus dilalui masinis dan asisten masinis tersebut adalah bukti bahwa KAI mengutamakan perjalanan kereta api dengan menyiapkan awak sarana perkeretaapian terbaik untuk mengantarkankan pelanggan dengan selamat sampai stasiun tujuan, serta menjadikan mudik dengan kereta api aman dan berkesan. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content