Hukum, Politik, dan Pemerintahan Pelayanan Publik

Pj Wali Kota Malang Tinjau Kompleks Perkantoran Jalan Bingkil

Sukun (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST, MT meninjau perkantoran dan pelayanan publik beberapa perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Malang yang mempunyai tugas dan fungsi vital, yakni Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Pemadam Kebakaran (Damkar) di Jalan Bingkil, Selasa (17/10/2023).

Pj Wali Kota Malang bersama Sekda Kota Malang, Kasatpol PP Kota Malang meninjau armada DPUPRPKP Kota Malang

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat ditemui usai peninjauan menyampaikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan terus mendorong penguatan sarana dan prasarana, seperti kesiapan armada serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) guna memberikan pelayanan yang semakin optimal kepada masyarakat.

“Selain saya melihat progresnya, juga ada prioritas program kegiatan termasuk kendala-kendala yang dihadapi. Progresnya sudah baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya, mereka sudah melakukannya. Kita lihat sarana dan prasarana pendukung baik, kualitas SDM baik, kualitas pelayanan juga terus kita tingkatkan. Untuk prioritas banyak pembangunan fisik yang menjadi tanggung jawab dua dinas tersebut (DPUPRPKP dan DLH), sampai saat ini on the track dan beberapa prioritas lain juga sudah berjalan,” jelas Wahyu.

Pj Wali Kota Malang juga melihat dan mengecek langsung sarana prasarana pendukung DPUPRPKP, Damkar dan DLH dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, seperti kesiapan armada dan fasilitas yang digunakan dalam rangka pelayanan publik kepada masyarakat. Selain berdialog langsung dengan petugas lapangan, Wahyu juga mencoba mengendarai satu unit kendaraan skylift baru milik DPUPRPKP yang digunakan untuk perbaikan penerangan jalan umum (PJU). Dengan adanya satu armada baru ini ia berharap pelayanan publik bagi masyarakat pun semakin baik.

“DPUPRPKP adalah salah satu perangkat daerah yang tanggung jawabnya sangat besar sekali. Saya akan melihat sejauh mana apabila ada permasalahan atau kendala bisa kita minimalisir, salah satunya dengan penambahan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas SDM dan pelayanan,” urainya.

Terkait peremajaan armada, Wahyu menyampaikan bahwa saat ini armada yang ada sudah memadai dan cukup, tinggal melaksanakan prioritas dengan sarana dan prasarana yang ada sehingga semakin optimal. Namun akan ada prioritas seperti pemadam kebakaran yang membutuhkan mobil pemadam kebakaran tangga karena saat ini telah banyak gedung-gedung bertingkat.

“Coba nanti kami komunikasikan terkait anggarannya, karena membutuhkan anggaran yang tidak kecil. Tapi menurut saya juga prioritas apalagi dengan kondisi musim kemarau yang berkepanjangan, kecenderungan kebakaran potensinya tinggi. Ini yang juga kita harus antisipasi,” jelas Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu menyebutkan saat ini ada delapan unit mobil pemadam kebakaran yang beroperasi. Apabila ada kebakaran, tim damkar maksimal 15 menit sudah harus sampai di lokasi. Petugas juga standby 24 jam untuk menerima dan menangani laporan, sehingga Pj Wali Kota Malang mengimbau kepada warga masyarakat agar memberikan laporan yang akurat. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content