Berita

Dispussipda Peringati Hari Buku Nasional dan Hari Kearsipan Nasional

Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang menggelar perayaan yang berkesan menyambut Hari Buku Nasional dan Hari Kearsipan Nasional dengan memastikan pengunjung semakin nyaman dan teredukasi.

Arsiparis Muda Dispussipda Kota Malang, Peni Wijananti mengungkapkan kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei sekaligus peringatan Hari Kearsipan Nasional yang diperingati setiap tanggal 18 Mei.

“Untuk kegiatan hari ini di Perpustakaan Kota Malang adalah peringatan Hari Buku, untuk Hari Kearsipan Nasional akan kami gelar tanggal 19 Mei 203 karena tanggal 18 adalah hari besar nasional, jadi Perpustakaan Kota Malang juga libur,” jelas Peni, Rabu (17/5/2023).

Dalam perayaan Hari Buku Nasional dan Hari Kearsipan Nasional kali ini para pengunjung diajak untuk lebih banyak mengetahui tentang buku dan arsip, dengan harapan masyarakat semakin memahami dan mencintai keberadaan Perpustakaan Kota Malang.

“Kadang-kadang masih banyak orang yang meremehkan keberadaan arsip, padahal keberadaan arsip sangat penting. Itulah yang terus kami edukasikan,” ujar Peni.

Hari Kearsipan Nasional disebutkannya menjadi kesempatan yang baik bagi masyarakat untuk mengingat betapa pentingnya arsip. Setiap tahun, berbagai instansi pemerintah turut serta memperingati Hari Kearsipan Nasional dengan berbagai cara.

Pada hari bersejarah ini juga menjadi momentum untuk meningkatkan kerja sama dengan semua pihak guna meningkatkan kualitas kearsipan secara komprehensif. Pada tahun 2023, peringatan Hari Kearsipan Nasional ini merupakan yang ke-52.

Dengan berkembangnya teknologi kearsipan saat ini, penyelamatan dan pelestarian memori kolektif dalam arsip menjadi hal penting yang harus dilakukan.

“Melalui arsip, kita dapat menggambarkan perjalanan sejarah bangsa dari masa ke masa dan menjadikannya sebagai identitas sebuah bangsa,” terang Peni.

Tugas untuk terus menyelamatkan arsip, ditegaskannya menjadi tanggung jawab bersama sekaligus merupakan warisan budaya bangsa dan dapat mencegah hilangnya informasi. Oleh karena itu, Perpustakaan Kota Malang menyambut hari ini dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat.

Agar pengunjung perpustakaan semakin bersemangat, Peni menjelaskan bahwa pengelola Perpustakaan telah menyiapkan berbagai kegiatan menarik, seperti mengajak pengunjung bernyanyi dan menyediakan berbagai hadiah menarik.

Melalui peringatan ini, Dispussipda Kota Malang berharap semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya membaca, memahami nilai kearsipan, dan mencintai perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan informasi. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content