Berita Olahraga

Wali Kota Malang Lepas 698 Atlet yang Berlaga di FORDA I Jatim

Klojen (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko memberangkatkan 698 atlet Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) yang akan berlaga di ajang Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) I Jawa Timur. Pemberangkatan atlet ini dilakukan seusai pelaksanaan upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023 di halaman depan Balai Kota Malang, Selasa (23/5/2023).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023

“Kita sudah mengetahui bahwa Kota Malang menjadi tuan rumah FORDA I Jawa Timur. Kita ditunjuk kemarin karena yang siap duluan adalah Kota Malang. Mudah-mudahan kita menjadi juara umum,” harap Wali Kota Malang Sutiaji saat melepas kontingen.

Atlet Kota Malang ini nantinya akan bertanding di 31 Cabang Organisasi Olahraga Masyarakat (COOM) yang terbagi menjadi 109 jenis olahraga. Nantinya 21 kabupaten/kota peserta dengan jumlah total 2.186 kontingen penggiat olahraga yang bersaing di FORDA I Jawa Timur yang digelar untuk pertama kalinya di Kota Malang.

“Tolong jaga nama baik Kota Malang, jaga filosofi dari olahraga ini. Salam Satu Jiwa bukan hanya diucapan, namun Salam Satu Jiwa itu adalah dalam pola ucapan, pola laku dan pikiran. Sehingga kita semua berjiwa satu Indonesia. Ada makna kemandirian, kebersamaan dan solidaritas,” pesan pria berkacamata tersebut.

Masyarakat, termasuk masyarakat di Kota Malang disebutkannya menyukai olahraga sejak dulu. Ia berharap semoga semangat olahraga semakin membumi di bumi persada arek-arek Malang.

“Kenapa kok ditaruh di Kota Malang atau kenapa Kota Malang tertarik untuk menjadi tuan rumah? Karena tidak kurang dari 3.000 hingga 4.000 personil yang berpartisipasi, belum lagi keluarganya dan seterusnya. Dan mereka akan stay minimal sehari namun ini kan mulai tanggal 27 hingga 30 Mei jadi empat hari,” bebernya.

Kedua, melalui event ini akan menjadi ajang promosi dan mengenalkan potensi-potensi wisata di Kota Malang,. Ketiga, akan menggerakkan berbagai sektor ekonomi termasuk UMKM, homestay dan hotel, serta kuliner. Untuk venue yang akan digunakan dalam ajang FORDA I Jatim ini, disebutkan Sutiaji sudah siap, di mana sebagian besar venuenya berada di Kota Malang.

Lebih jauh disebutkannya, semangat olahraga yang juga mendorong kebangkitan dan pergerakan ekonomi ini pun sesuai dengan tema Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 yaitu ‘Semangat untuk Bangkit’.

“Alhamdulilah ini ditengarai dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin baik dengan year-of-year yang juga semakin baik juga dari tahun kemarin. Alhamdulillah Kota Malang pertumbuhan ekonominya saat ini sudah diangka 6,32. Karena komitmen itu, maka tidak mungkin akan bangkit jika kita tidak bersatu. Maka tadi dipesankan bagaimana mendorong pada tumbuhnya persatuan dan kesatuan untuk mendukung tercapainya semangat kita bangkit untuk Indonesia Emas 2045,” pungkasnya. (yul/yon

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content