Berita Seni Budaya dan Pariwisata

Malang 109 Diharapkan Dongkrak Sektor Ekonomi dan Pariwisata

Klojen (malangkota.go.id) – Penyelenggaraan Malang 109, yang merupakan panggung kebersamaan arek Malang, mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji. Event yang akan dilangsungkan di Kayutangan Heritage pada Minggu (28/05/2023) diharapkan juga dapat mendongkrak denyut nadi ekonomi.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan harapannya agar event Malang 109 dapat mendongkrak denyut nadi ekonomi.

Sutiaji menyampaikan harapannya agar event Malang 109 dapat dihadiri oleh masyarakat dan wisatawan baik dari Malang Raya, Jawa Timur, Nasional, maupun Internasional. Jika hal itu terjadi dan banyak masyarakat yang hadir, tentunya akan membawa dampak ekonomi yang luar biasa.

“Jika ekonomi berjalan dengan banyaknya jumlah pengunjung yang datang, maka akan terjadi perputaran uang,” kata Sutiaji pada Jumat (26/05/2023).

Dari Malang 109, diharapkan juga dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan jati diri Kota Malang kepada masyarakat luas. Harapannya, even ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kayutangan Heritage yang banyak bergantung pada sektor pariwisata.

Kunjungan wisata saat pelaksanaan Malang 109 diharapkan dapat meningkat dibandingkan saat pelaksanaan Malang 108 setahun yang lalu, di mana kegiatan tersebut dikunjungi oleh 20.000 penonton.

Terlebih lagi, pelaksanaan Malang 109 saat ini bersamaan dengan pelaksanaan Kota Malang sebagai tuan rumah Festival Masyarakat Daerah (Forda) yang berlangsung di Kota Malang pada tanggal 27-30 Mei 2023.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi S.Pd., S.E., M.Si., menyatakan bahwa Disporapar siap mendukung penuh pelaksanaan Malang 109. Untuk memanjakan pengunjung, Disporapar telah menyiapkan UMKM yang berada di bawah binaan Disporapar Kota Malang untuk menampilkan produk-produk terbaik yang dimiliki.

“Disporapar juga memiliki event Forda 2023 yang diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah di Jawa Timur. Dalam Forda, akan melibatkan sebanyak 698 atlet dengan total nomor 109 festival,” terang Baihaqi.

Lebih lanjut Baihaqi mengungkapkan, dengan jumlah atlet sebanyak itu tentunya akan ada kontingen dan suporter yang diperkirakan mencapai 10.000 hingga 15.000 orang. Hal ini menjadi peluang untuk ikut serta meramaikan Malang 109, karena para atlet dan suporter Forda 2023 juga akan hadir di Malang 109.

Banyaknya peserta, supporter, dan keluarga masyarakat yang akan tampil di Forda tentunya akan berimbas pada jumlah pengunjung yang datang di Malang 109. Harapannya adalah dapat semakin mendongkrak sektor ekonomi dan pariwisata yang masuk ke Kota Malang.

“Jika banyak wisatawan datang ke Kota Malang, tentunya akan menjadi rezeki bagi masyarakat Kota Malang, baik itu UMKM, hotel, restoran, hingga warung-warung di Kota ini. Ini adalah momen yang baik untuk bersama-sama memajukan Kota Malang,” tegas Baihaqi. (cah/arz)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content