Berita

Dispangtan Kota Malang Lakukan Berbagai Persiapan Jelang Iduladha

Blimbing (malangkota.go.id) – Dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha 1444 H, berbagai persiapan dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang. Salah satu dari bentuk persiapan itu adalah dilakukannya Diseminasi Pemeriksaan Antemortem (sebelum hewan kurban dipotong) dan Postmortem (sesudah hewan kurban dipotong) di Hotel Montana 2, Rabu (31/6/2023).

Diseminasi Pemeriksaan Antemortem (sebelum hewan kurban dipotong) dan Postmortem (sesudah hewan kurban dipotong)

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dispangtan Kota Malang Drh. Anton Pramujiono mengungkapkan peserta kegiatan ini adalah takmir masjid dari lima kecamatan di Kota Malang. “Selain ada penyampaian materi, kita juga lakukan praktik pemeriksaan hewan kurban,” terang Anton.

Nantinya, pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan pada saat perayaan Iduladha di masjid-masjid, musala, serta tempat penyembelihan lainnya. Pemeriksaan sendiri dijadwalkan untuk dilakukan mulai dari H-1 untuk antemortem, hingga H+3 untuk pemeriksaan postmortem.

“Adapun petugas pemeriksaan adalah Dokter Hewan, Paramedik Veteriner, Penyuluh Pertanian, dan seluruh karyawan karyawati Dispangtan yang berjumlah sekitar 50 orang ditambah mahasiswa dan dosen dari Fakultas Kedokteran Hewan UB sejumlah 200 orang,” ungkap Anton menjelaskan.

Selain berfokus pada pemeriksaan hewan kurban, Dispangtan Kota Malang akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan-hewan kurban yang dijual di berbagai tempat penjualan mulai tanggal 26-28 Juni 2023. Selain itu, Dispangtan Kota Malang juga menyiapkan persyaratan lalu lintas ternak kurban Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content