Berita Seni Budaya dan Pariwisata

Kampung Gerabah Penanggungan Gelar Padhang Mbulan Malangan

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Sebagai upaya untuk melestarikan budaya luhur bangsa yang berisi dolanan anak tradisional serta menari dan bernyanyi lagu tradisional, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Gerabah Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang menggelar acara ‘Padhang Mbulan Malangan’, Sabtu (3/6/2023).

‘Padhang Mbulan Malangan’ yang digelar oleh Pokdarwis Kampung Gerabah Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang

Lurah Penanggungan Solikin, S.Sos, M.Si sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pokdarwis Kampung Gerabah ini. Menurutnya kegiatan ini bisa menghadirkan kembali nostalgia permainan tradisional warisan leluhur di era sekarang ini.

“Ada banyak nilai-nilai yang bisa dipelajari dari permainan tradisional yang dapat mengembangkan karakter luhur bangsa, seperti halnya meningkatkan kerja sama, menjadikan kreatif, dan komunikatif. Selain itu ini sangat baik untuk mengedukasi masyarakat, terutama anak-anak agar tidak ketergantungan dengan gawai,’ urai Solikin.

Dengan adanya kegiatan ini harapannya semangat gotong royong dalam masyarakat dapat kembali tumbuh. Acara ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk mengajak anak-anak melupakan sejenak permainan digital dan kembali bermain dolanan anak-anak seperti masa lalu.

Pendapat Lurah Penanggungan ini didukung oleh seniman Kota Malang, Mbah Jo, yang menyadari pentingnya mengajak anak-anak saat ini untuk mengenal kembali permainan tradisional. Permainan tradisional adalah warisan budaya bangsa yang luar biasa, dan melalui pengenalan ini diharapkan anak-anak selalu mencintai budaya bangsanya.

“Momen Padhang Mbulan Malangan memiliki arti yang sangat penting bagi masyarakat Jawa dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka. Melalui acara ini, kami berharap dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk mencintai seni dan budaya asli Indonesia,” terang Mbah Jo. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content