Blimbing (malangkota.go.id) – Angka harapan hidup para lanjut usia (lansia) di Kota Malang terus meningkat. Hal ini tak lepas dari program pemberdayaan dan fasilitasi dari pemerintah serta para pihak terkait lainnya, seperti kalangan perbankan, rumah sakit dan juga swasta. Pemerintah selalu hadir untuk membantu lansia sehingga angka harapan hidup di Kota Malang saat ini mencapai 73 tahun.

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko saat menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN)

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko saat menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Selasa (6/6/2023). Disamping banyak pihak yang peduli terhadap lansia, Kota Malang pun saat ini sudah mempunyai sekolah khusus bagi lansia.

“Sehingga ke depan diharapkan para lansia ini lebih produktif, sehat, mandiri dan bermanfaat bagi orang lain. Berbagai fasilitas umum, seperti di perkantoran, angkutan umum dan ruang publik, ke depan akan terus ditingkatkan,” imbuh pria yang juga merupakan Ketua Komda Lansia Kota Malang tersebut.

Wawali yang kerap disapa Bung Edi tersebut menyebutkan berbagai langkah dan program tersebut akan semakin menguatkan visi Kota Malang sebagai kota ramah lansia. Begitu juga dengan diadakannya berbagai acara, termasuk hari ini, menjadi bukti adanya penghargaan besar bagi para lansia.

Lebih lanjut Bung Edi menyampaikan, dengan berbagai program dan kegiatan itu maka ke depan angka harapan hidup lansia di Kota Malang menjadi lebih tinggi lagi, yaitu di usia 74 tahun atau bahkan 75 tahun. “Untuk mewujudkan itu semua maka dibutuhkan kebersamaan dan kolaborasi dengan berbagai pihak,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang, Donny Sandito W., S.STP, M.Si. Disebutkannya, kehidupan para lansia ini terus menunjukkan tren membaik. Berbagai program pun ke depan akan terus digulirkan agar mereka lebih baik lagi.

Pada momen ini, sejumlah pihak, seperti kader, tokoh, rumah sakit dan kalangan lain yang berkontribusi bagi lansia mendapat penghargaan dari Dinsos P3AP2KB Kota Malang, sehingga ke depan diharapkan lebih banyak lagi para pihak yang turut peduli bagi para lansia ini. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content