Klojen (malangkota.go.id) – Momen kunjungan Anggota Pengurusan Dewan Bandaraya Kota Kinabalu (DBKK) Malaysia ke Kota Malang terasa sangat istimewa. Saat diterima di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Senin (13/6/2023), rombongan dari Negeri Jiran disambut dengan penampilan tari Beskalan yang ditampilkan oleh siswi SMPN 18 Kota Malang.

Siswi SMPN 18 saat membawakan tari Beskalan menyambut tamu dari Malaysia di Balai Kota Malang

Tampil di hadapan tamu dari Malaysia, siswi SMPN 18 Kota Malang berhasil menyuguhkan penampilan terbaik, penuh percaya diri, dan mengesankan. Dengan gerakan yang lemah gemulai, para siswi berhasil membuat tamu terkesan dan memberikan tepuk tangan sebagai apresiasi.

Kepala sekolah SMPN 18 Kota Malang, Dra. Srijatun, S.Pd, MM, mengungkapkan kebanggaannya atas partisipasi tiga siswi SMPN 18 dalam menampilkan tari menyambut tamu dari Malaysia. Para siswi yang tampil merupakan siswa-siswi yang tergabung dalam kelas Pendidikan Pengembangan Seni Tradisional (PPST) di SMPN 18.

“Melalui acara seperti ini, anak-anak dapat tampil dan menunjukkan kemampuannya. Bakat seni anak-anak pun dapat terasah,” jelas Srijatun.

Terlebih lagi, di era saat ini dimana seni dan budaya asing begitu banyak masuk ke Indonesia dan sulit untuk dihentikan. Melestarikan budaya dengan memperkenalkannya sejak dini kepada siswa tentang keistimewaan seni yang dimiliki oleh bangsa Indonesia menjadi sangat penting.

“Melalui PPST yang ada di sekolah kami, kami terus mengasah bakat siswa sekaligus mengajarkan cinta dan kebanggaan terhadap budaya asli Indonesia,” terang Srijatun.

Srijatun mengakui bahwa untuk mengajak anak-anak mencintai seni dan budaya sendiri tidaklah mudah, dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam membimbing mereka. Peran orang tua yang mendukung juga sangat penting agar anak-anak tetap semangat.

Untuk itu, dalam membimbing siswa SMPN 18, Srijatun juga sangat dibantu oleh komite sekolah yang terdiri dari para orang tua. Melalui komite sekolah ini, anak-anak banyak mendapatkan dukungan untuk mengembangkan kemampuan mereka dan tampil dalam berbagai acara guna mengembangkan kemampuan mereka. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content