Berita Kesehatan

Siapkan Generasi Berkualitas, Pemkot Malang Kampanyekan Gemar Minum Susu

Blimbing (malangkota.go.id) – Dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang menggelar kegiatan minum susu bersama dengan siswa-siswi Sekolah Dasar di Aula Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Kamis (15/6/2023).

Kepala Dispangtan Kota Malang, Slamet Husnan Hariadi menyampaikan  manfaat mengonsumsi susu serta dampaknya bagi tubuh

Kepala Dispangtan Kota Malang, Slamet Husnan Hariadi, SP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Susu Nusantara ini tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat Kota Malang akan manfaat mengonsumsi susu serta dampaknya bagi tubuh. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membudayakan kebiasaan mengonsumi susu, baik susu segar maupun olahan di masyarakat Kota Malang terutama bagi anak-anak usia dini.

“Harapannya supaya bisa gemar minum susu dan mengetahui manfaatnya, bahwa susu berperan penting sebagai salah satu sumber energi serta mendukung dan menjaga imunitas agar tubuh dapat memberikan usaha terbaik dalam menjalani kegiatan sehari-hari,” ujar Slamet.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Malang, Ir. Diah Ayu Kusuma Dewi, MT., mengungkapkan Hari Susu Nusantara ini perlu untuk diperingati sebagai momen pengingat bahwa susu adalah salah satu minuman yang kita butuhkan dari seluruh fase kehidupan kita.

“Manusia itu butuh susu, mulai dari kecil kita minum ASI, kemudian hingga tua kita kan tetap minum susu walaupun kandungannya berbeda, terutama untuk energi dan otak,” jelasnya.

Ditambahkan Diah, kegiatan kali ini difokuskan untuk anak-anak di Kota Malang sebagai bentuk menyiapkan generasi penerus sebagai generasi yang berkualitas. Langkah ini dilakukan supaya dapat menjaga tumbuh kembang anak-anak di Kota Malang dengan bagus terutama dalam hal imunitas sehingga mereka mampu belajar dan berkembang secara maksimal.

“Ini kita upayakan anak-anak menjadikan minum susu sebagai kebiasaan, sebab saat ini kita tahu lingkungan kita dengan segala radikal bebas yang mengancam. Harus dibentengi imunitas kita, salah satunya dengan minum susu,” terangnya lagi.

Terkait dengan pemenuhan kebutuhan susu di Kota Malang, Diah mengungkapkan saat ini kebutuhan susu di Kota Malang sudah cukup terpenuhi. Meski Kota Malang bukan dikenal sebagai kota produsen susu sapi, akan tetapi Pemerintah Kota Malang tetap mengupayakan distribusi susu segar dari kota-kota produsen susu terdekat seperti Kabupaten Malang dan Kota Batu untuk dapat tersalurkan dengan baik dan memenuhi kebutuhan susu di Kota Malang.

Selain itu, Pemkot Malang melalui Dispangtan juga rutin melakukan pemeriksaan susu segar yang masuk ke Kota Malang, untuk memastikan bahwa susu yang beredar di Kota Malang berkualitas bagus dan layak untuk dikonsumsi.

Diah berharap nantinya anak-anak ini sebagai generasi penerus mampu menjadi generasi penerus yang berkualitas. Sebab menurutnya, kehidupan di masa yang akan datang kelak akan berada di tangan anak-anak ini, sehingga penting bagi semua pihak untuk menyiapkan calon-calon pemangku kebijakan di masa depan ini sejak sekarang.

“Anak-anak ini kan generasi penerus kita, yang nantinya kita bergantung pada kebijakan-kebijakan mereka. Harapannya nanti bonus demografi, ini semuanya fisiknya bagus dan cerdas, salah satunya dengan gemar minum susu,” pungkasnya.

Selain kegiatan minum susu bersama, para siswa-siswi ini juga dihibur dengan story telling yang dilakukan oleh pendongeng nasional asal Kota Malang, Kak Bagus. Pada story telling ini, diselipkan materi terkait dengan manfaat minum susu sehingga anak-anak lebih mudah memahami akan pentingnya mengkonsumsi susu bagi tubuh. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content