Berita Pendidikan

Rektor Unisma Minta Wisudawan Jadi Generasi Kreatif dan Adaptif

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si memimpin prosesi wisuda program doktor, magister, profesi dan sarjana periode 70 tahun 2023 yang diikuti 870 mahasiswa dari tiga program dan sembilan fakultas, Kamis (15/6/2023).

Wisuda program doktor, magister, profesi dan sarjana periode 70 tahun 2023 Universitas Islam Malang (Unisma)

Masykuri Bakri mengucapkan selamat kepada para mahasiswanya yang telah berhasil diwisuda pada hari ini. “Semoga para wisudawan bisa menjadi generasi yang bermanfaat serta menjadi generasi yang selalu bisa mengikuti perkembangan zaman. Saya berharap para wisudawan ini dapat menjadi orang yang adaptable yang bisa menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan yang selalu begitu cepat,” ucap Masykuri, Kamis (15/6/2023).

Perubahan, disebutkan Masykuri tidak selalu membawa kepada keadaan yang lebih baik, tetapi itu semua harus disikapi dengan sebaik mungkin. Untuk menjadi lebih baik, dituturkannya tentu harus merubah sikap, perilaku dan pola pikir sehingga bisa selalu adaptif dengan kondisi yang ada.

Menurutnya, adaptasi harus bisa dilakukan di segala sektor sehingga seseorang bisa memenangkan persaingan dan mengatasi perubahan zaman. Orang yang mudah beradaptasi akan terbuka dengan perubahan, menyukai eksplorasi selalu mencari solusi atas masalah yang dihadapi.

Pada kesempatan ini Rektor Unisma meminta agar para wisudawan bisa menjadi orang-orang yang kreatif yang bisa menghadirkan ide orisinil. Kreativitas menjadi salah satu penentu keberhasilan seseorang saat mengemban amanah menjadi pemimpin. “Pemimpin yang Amanah itu, yang pertama harus jujur, Ikhlas, mampu bekerja keras, cerdas, tuntas, dan bertanggung jawab,” tutur Masykuri lagi.

Ditambahkannya, pemimpin yang baik juga selalu berinovasi tanpa henti, menorehkan tinggalan yang menyenangkan bagi banyak orang. “Yang terpenting adalah bisa mengubah mindset lingkungan dan suka keluar dari zona nyaman,” imbuhnya.

Selain itu, pada kesempatan ini Masykuri juga berpesan agar wisudawan bisa menjadi orang yang pandai berterima kasih. Pasalnya dari kesuksesan para wisudawan ini tentunya tidak akan pernah lepas dari peran orang lain.

“Peran orang tua sangat berpengaruh dalam kehidupan. Banyak doa tersembunyi dan hal-hal baik yang tidak dapat diungkapkan oleh mereka agar anak-anaknya bisa meraih kesuksesan,” pungkas Masykuri. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content