Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

DLH Kota Malang Gelar Workshop Inovasi Lingkungan Hidup

Blimbing (malangkota.go.id) – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menggelar workshop dan pameran yang diikuti 28 komunitas pecinta lingkungan di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Senin (19/6/2023).

Kepala DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya, ST, MM memberikan arahan dalam workshop dengan tema Beat Plastic Pollution

Kepala DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya, ST, MM mengungkapkan tema yang diangkat pada peringatan tahun ini adalah Beat Plastic Pollution (Solusi untuk Polusi Plastik).

“Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama dua hari, mulai hari Senin (19/6/2023) sampai dengan Selasa (20/6/2023) yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB, bertempat di lantai dua Gedung MCC,” jelas Rahman.

Ditambahkannya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para peserta dalam pengelolaan lingkungan, pengendalian sampah plastik, serta memberikan apresiasi terhadap berbagai upaya inovasi pengelolaan lingkungan yang telah dilaksanakan di seluruh komponen LH di Kota Malang.

“Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi dua tahapan, pertama adalah berupa kegiatan workshop yang menghadirkan narasumber, diantaranya Wali Kota Malang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, dan DLH Kota Malang,” terangnya.

Sedangkan tahapan kedua, disebutkannya berupa pameran inovasi lingkungan hidup yang dilakukan oleh beberapa komunitas lingkungan hidup yang ada di Kota Malang. 28 komunitas yang berpartisipasi terdiri dari perwakilan RW pemenang ProKlim (Program Kampung Iklim), perwakilan Sekolah Adiwiyata, perwakilan eco pesantren, perwakilan kader lingkungan, perwakilan F3R, serta perwakilan mahasiswa.

Sementara itu peserta workshop terdiri dari anggota PKK dan perwakilan dari masing masing kelurahan se-Kota Malang, perwakilan siswa-siswi dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK di Kota Malang, perwakilan mahasiswa, perwakilan komunitas LH dan peserta dari kategori umum dengan total peserta 200 orang.

Salah satu peserta, Elvian Danendra Sandiaputra mengungkapkan senang bisa berpartisipasi menjadi peserta pameran ini. Menurutnya dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi para siswa SMPN 10 untuk mengenalkan apa saja inovasi lingkungan hidup di sekolah.

“Inovasi lingkungan hidup yang ada di sekolah kami di antaranya alat pengelola sampah biogas dan alat penjernih air,” ungkap Elvian. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content