Berita Pelayanan Publik

Bakal Ada Penambahan Kuota Elpiji 3kg di Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Menyusul adanya laporan warga yang kesulitan memperoleh Liquified Petroleum Gas (LPG/elpiji) 3 kg beberapa waktu lalu, Bagian Perekonomian, Infrastruktur, dan SDA (PISDA) Setda Kota Malang melakukan pemantauan ketersediaan elpiji 3kg ke sejumlah toko pengecer di Kelurahan Klojen, Kelurahan Dinoyo, Kelurahan Tlogomas, dan Kelurahan Sawojajar, Senin (19/6/2023).

Bagian PISDA Setda Kota Malang melakukan pemantauan ketersediaan elpiji 3kg ke sejumlah toko pengecer di Kelurahan Klojen

“Info dari pangkalan, permintaan masyarakat akhir-akhir ini meningkat. Misal biasanya membutuhkan dua tabung, mereka membeli dua kali lipatnya,” beber Kepala Bagian PISDA, Ir. Eny Handayani, M.Si.

Di titik pertama yakni di Kelurahan Klojen, didapatkan informasi bahwa penyaluran elpiji 3kg berjalan normal. Pangkalan Sumitro di Kelurahan Klojen misalnya mendapatkan pasokan sebanyak 100 tabung, sementara di tingkat pengecer menerima pasokan 8-10 tabung setiap harinya. Demikian juga di Kelurahan Tlogomas, Pangkalan Bekti Martuti menyampaikan masih rutin menerima pasokan sebanyak 100 tabung per hari.

Sementara itu, pengelola Toko Sumber Rejeki dan Sinar Mas di Kelurahan Dinoyo mengungkapkan bahwa sudah sekitar sepuluh hari tidak mendapatkan pasokan yang biasanya dikirim ke toko. Salah satu toko pengecer di Kelurahan Tlogomas menyampaikan pasokan elpiji 3kg yang dikirim tidak sebanyak biasanya. Ada pembatasan oleh pangkalan, dari yang biasanya mendapat sepuluh tabung, saat ini hanya mendapatkan empat tabung.

“Dari hasil pemantauan di lapangan, untuk toko pengecer mayoritas hanya mengandalkan pengiriman rutin tanpa berusaha mencari ke pangkalan terdekat. Sementara pangkalan tetap mendapatkan pasokan seperti biasa. Ada keluhan dari pengecer, pangkalan meminta fotokopi KTP atau kartu keluarga,” ungkap Erny.

Berupaya mengatasi masalah tersebut, Bagian PISDA telah melakukan koordinasi dengan Hiswana Migas. “Hari ini ada tambahan kuota untuk Kota Malang. Pendistribusiannya nanti dari Pertamina ke pangkalan lalu ke pengecer. Hasil koordinasi tadi, stok elpiji 3kg ini di Jawa Timur khususnya Kota Malang pada level aman,” pungkas Kabag PISDA ini. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content