Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Sambut Hari Krida Pertanian, Dispangtan Akan Gelar Lomba Cipta Menu

Klojen (malangkota.go.id) – Berkolaborasi Dinas Koperasi dan Perindustrian (Diskopindag) Kota Malang dan TP PKK Kota Malang, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) akan menggelar Lomba Cipta Menu dan Merangkai Hiasan Meja bersamaan dengan Malang Fashion and Food Festival yang digelar di Balai Kota Malang pada hari Sabtu (22/7/2023).

Kepala Dispangtan Kota Malang Slamet Husnan Hariyadi, SP mengungkapkan menyambut Hari Krida Pertanian ini Dispangtan akan menggelar dua lomba, yaitu Lomba Cipta Menu berbasis pangan lokal, non-beras dan non-terigu dan yang kedua lomba Merangkai Hiasan Meja berbahan baku bumbu dapur.

“Kedua lomba ini akan diselenggarakan mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai di Balai Kota Malang besok,” jelas Slamet, Jumat (21/7/2023).

Dijelaskannya, lomba ini dimaksudkan adalah untuk meningkatkan kepedulian terhadap pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA). Kegiatan ini juga dimaksudkan juga untuk meningkatkan kreativitas memanfaatkan pangan lokal yang ada di Kota Malang.

“Lomba ini juga untuk memberikan semangat kepada ibu-ibu PKK di kelurahan dalam mengelola dan memanfaatkan pekarangan-pekarangan yang ada di lingkungan masing-masing,” imbuh Slamet.

Dengan adanya lomba ini, Dispangtan juga mengajak masyarakat Kota Malang untuk mengadopsi pola makan sehat. Hal ini sejalan dengan program prioritas Kota Malang untuk menjaga ketersediaan dan diversifikasi pangan masyarakat, guna mencapai Kota Malang yang bermartabat.

Konsep Lomba Cipta Menu merupakan bentuk sosialisasi, promosi, dan implementasi pola konsumsi pangan yang mencerminkan prinsip beragam, gizi seimbang, dan aman dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, di Kota Malang yang telah menjadi kota metropolis, pola konsumsi masih didominasi oleh tingginya konsumsi karbohidrat dan lemak, sementara konsumsi buah, sayur, dan protein hewani dari ikan masih kurang.

Melalui kegiatan lomba ini, diharapkan dapat memberikan informasi, edukasi, dan mengubah mindset agar gaya hidup sehat dengan pola konsumsi pangan yang beragam dan bergizi seimbang semakin diterapkan. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content