Berita

Wawali Berharap UKW Lahirkan Wartawan Profesional

Klojen (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digawangi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya yang berlangsung sejak tanggal 21-23 Juli 2023 di IKIP Budi Utomo Malang.

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko membuka pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di IKIP Budi Utomo Malang

Menurutnya, UKW ini sangat penting dan menjadi keharusan bagi setiap insan pers agar dalam bekerja lebih kompeten dan profesional. Apalagi saat ini kemajuan teknologi informasi, terutama media sosial sangat pesat. “Maka peran wartawan sebagai rujukan informasi bagi masyarakat juga sangat dibutuhkan,” tutur Wawali usai pembukaan UKW PWI Malang Raya Angkatan 51, Jumat (21/7/2023).

Pria yang kerap disapa Bung Edi tersebut mengungkapkan bahwa media menjadi salah satu pilar demokrasi, sehingga keberadaan pers ini turut mewarnai sendi-sendi demokrasi di negeri ini.

“Saya juga memberikan apresiasi kepada PWI Malang Raya yang telah intens menggelar UKW. Ini langkah positif, karena wartawan juga menjadi mitra kita di pemerintahan. Dalam hal ini, apapun yang menjadi program pemerintah, tanpa ada pemberitaan, maka tidak akan tersampaikan kepada masyarakat,” ungkap Bung Edi.

Lebih jauh pria berkacamata itu mengatakan, jika wartawan dinyatakan kompeten oleh Dewan Pers, maka dalam menyuguhkan akan berimbang dan aktual. “Di era yang seperti saat ini, informasi menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, sehingga media akan berperan besar di dalamnya,” pungkas Bung Edi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content