Lowokwaru (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengikuti ziarah dan tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional (Harvetnas) 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati Malang, Senin (14/8/2023). Selain para veteran, kegiatan ini juga diikuti oleh Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-POLRI (GM-FKPPI) dan juga Pemuda Panca Marga (PPM).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengikuti ziarah dan tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional (Harvetnas) 2023

Sosialisator Semangat Juang ‘45 Dr. Ir. Drs. Nugroho, HS, Dipl. mengungkapkan kegiatan di TMP Untung Suropati adalah kegiatan dalam rangka Hari Veteran Vasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. “Kami menggelar kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, sebagai penghormatan dan terima kasih atas perjuangan pahlawan mengusir penjajah,” jelas Nugroho.

Nugroho berharap peringatan Harvetnas ini dapat menjadi momen untuk menularkan semangat patriotisme dan nasionalisme yang luar biasa kepada generasi muda penerus bangsa. “Semangat pantang menyerah, rela berkorban untuk nusa dan bangsa adalah semangat semangat luhur yang harus dimiliki generasi penurus bangsa untuk mengisi kemerdekaan,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Malang, Soekirno mengungkapkan ziarah dan tabur bunga ini adalah salah satu cara untuk terus mengenang dan meneladani semangat kepahlawanan.

“Para pahlawan bangsa sudah berjuang dengan begitu luar biasa untuk meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia hingga seperti sekarang. Mari terus teladani semangat para pejuang untuk bersama memajukan Indonesia,” tegas Soekirno

Sumardji menuturkan bahwa peringatan Harvetnas sebenarnya bukan hanya untuk para veteran saja, namun bagi semua Bangsa Indonesia. Menurutnya semua warga Negara Indonesia berhak merayakan dan memperingatinya. “Ini sangat penting, dan inilah veteran yang masih hidup, sedangkan yang sudah meninggal adalah pahlawan,” pungkas Soekirno. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content