Berita

Dongkrak Kunjungan Wisata Lewat Berbagai Event di Kayutangan

Klojen (malangkota.go.id) – Berbagai event yang digawangi Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang di kawasan Kampung Kayutangan Heritage berdampak positif dan menyedot perhatian publik. Terbukti, di tahun 2023 ini, terhitung hingga bulan September sudah ada sekitar lima bahkan lebih event tahunan yang sudah terlaksana.

Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi, menyampaikan jika beberapa event yang sudah digelar diantaranya, Malang Creativa 2, Malang Musik Bersatu Indonesia, Festival Padhang mBulan, dan Malang Flower Carnival. Tentu event-event tersebut telah mendorong sektor pariwisata dan perekonomian di kawasan Kayutangan.

“Dengan kita hadirkan berbagai macam event-event tersebut, juga telah membantu untuk mengenalkan, mempromosikan keberadaan Kawasan Kayutangan Heritage, baik di tingkat nasional maupun internasional,” ucap Baihaqi, pada Jumat (22/9/2023).

Terbukti, dengan hadirnya berbagai event tersebut juga mendatangkan banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kawasan Kayutangan Heritage. Sehingga hotel-hotel di sekitar Kawasan Kayutangan juga sering penuh oleh para wisatawan yang ingin mengeksplorasi pesona kawasan Kayutangan Heritage.

“Dari sisi jumlah hunian hotel yang ada di situ semakin tinggi perputaran perekonomiannya, tetapi saya belum menghitung secara pasti. Yang jelas perputaran ekonomi itu luar biasa sekali,” katanya.

Selain itu, dengan banyaknya event yang diselenggarakan juga meningkatkan perputaran perekonomian masyarakat sekitar kampung. Sebab, di setiap event yang digelar melibatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal yang dapat memamerkan produk-produknya.

“Tentu dengan menggandeng para UMKM itu menciptakan perputaran ekonomi. Mereka berjualan sesuai dengan yang mereka geluti selama ini di dalam kampung. Itu kan jelas perputaran ekonominya dan itu luar biasa,” tambahnya.

Lebih jauh Baihaqi mengatakan, kunjungan wisatawan per bulannya di Kawasan Kayutangan Heritage bisa mencapai 30 ribu orang. Adanya kawasan tersebut juga berdampak positif, karena setiap kunjungan menyumbang pengeluaran dan mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Ke depan, pihaknya juga berencana akan terus menghadirkan berbagai event yang menarik. Seperti salah satunya menyelenggarakan acara Padhang mBulan di setiap bulannya. “Sesuai pesan yang telah disampaikan oleh pak wali kota, nanti tiap bulan akan kita selenggarakan event tersebut,” pungkas Baihaqi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content