Blimbing (malangkota.go.id) – Keberadaan gedung Malang Creative Center (MCC) mendapatkan apresiasi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pasalnya dari gedung delapan lantai ini menjadi wadah bagi 17 subsektor ekonomi kreatif, seperti halnya games, aplikasi, perfilman dan fotografi yang memunculkan pelaku ekonomi kreatif berkaliber nasional dan internasional.

 Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah meresmikan MCC Kota Malang

Gubernur Khofifah usai meresmikan MCC Kota Malang, Jumat (22/9/2023) mengaku akan mendukung sepenuhnya berbagai program yang dicanangkan Kota Malang, termasuk untuk mendapat legitimasi dari organisasi internasional yang bergerak di bidang pendidiikan dan ilmu pengetahuan yaitu UNESCO di tahun 2025 nanti.

Berbagai langkah nyata pun dilakukan, seperti menggandeng King’s College London dan bekerjasama dengan kementerian/lembaga terkait. Misalnya Kementerian Keuangan untuk mengucurkan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Kreativitas, inovasi, produktivitas ini adalah kunci bagaimana kita bisa membangun pertumbuhan ekonomi secara inklusif. Hari ini tren dunia juga tren gig ekonomi, dari 17 ekotif (ekonomi kreatif) itu berapa banyak yang sudah bisa disiapkan di MCC ini,” imbuh perempuan berhijab itu.

Menurut Gubernur Khofifah, secara nasional kontribusi sektor ekonomi kreatif hingga saat ini mencapai Rp1.000 triliun lebih. Sedangkan terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 7 persen dan bagi Kota Malang 10 persen. Sehingga adanya MCC ini akan terus menggeliatkan ekonomi masyarakat secara signifikan. Imbas dari semua itu akan sangat positif, seperti dalam upaya menekan angka pengangguran terbuka dan kemiskinan. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content