Berita

Pj Wali Kota Malang Paparkan Program Kerja ke Dewan

Klojen (malangkota.go.id) – Di awal kepemimpinannya, Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM terus melakukan silaturahmi dan memaparkan program awal kerjanya ke berbagai institusi, kali ini ke jajaran legislatif yakni Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang, Rabu (27/09/2023).

Disampaikannya, DPRD merupakan salah satu mitra kerja strategis karena merupakan representasi warga Kota Malang. Berbagai program prioritas disampaikan oleh Pj Wali Kota Malang yang sebelumnya menjabat Sekda Kabupaten Malang itu. Seperti halnya program yang diamanatkan Presiden Joko Widodo maupun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkait penanganan kemacetan lalu lintas, penanganan stunting, peningkatan ekonomi kreatif, kemiskinan ekstrem, banjir dan pengendalian inflasi.

Dari sinergitas ini, menurutnya banyak hal yang harus dibicarakan bersama. Salah satunya mengenai permintaan dari dewan untuk meningkatkan keharmonisan antara jajaran ekskutif dan legislatif. “Ini juga yang menjadi poin penting agar ada program-program yang harus kita prioritaskan selama masa jabatan saya yang terbatas ini untuk bisa direalisasikan,” imbuh Wahyu.

“Semua harus dihimpun dulu, semua program penting. Sama seperti saat rapat koordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) kemarin. Kami himpun dulu semua, kemudian masukan dari anggota DPRD juga kita himpun. Nanti saya dengan pak Sekda akan membahas, mana yang menjadi program prioritas,” urainya.

Dikatakan Wahyu, mengingat masa jabatannya yang terbatas, maka semua masukan diharapkan bisa direalisasikan. Akan tetapi arah yang mana untuk menuju prioritas, mana yang bisa diselesaikan terlebih dahulu akan menjadi pekerjaan utama.

Dalam P-APBD 2023 disebutkan Pj Wali Kota Malang juga terbatas, jadi ada beberapa stakeholder yang akan menjadi perangkat daerah pengampu program prioritas. Misalkan DPUPRPKP menangani sarana fisik dan Diskopindag terkait optimalisasi kemampuan serta keterampilan warga.

Berbagai program kerja awal yang disampaikan Pj Wali Kota Malang inipun mendapatkan apresiasi anggota DPRD Kota Malang. Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengaku optimis apa yang disampaikan itu akan terealisasi dengan baik dan apa yang menjadi usulan DPRD ditanggapi dengan baik. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content