Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Pj Wali Kota Malang Tinjau Sejumlah Proyek Strategis Pemkot Malang

Kota Malang (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM meninjau sejumlah proyek strategis yang tengah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui perangkat daerah guna meningkatkan pelayanan publik, pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat (baju merah) saat meninjau sejumlah proyek strategis

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan progres pengerjaan proyek strategis tersebut berjalan lancar dan proses pengerjaan berjalan baik dan lancar sesuai harapan. “Proyek-proyek pembangunan di era Pak Sutiaji dan Pak Sofyan Edi yang masih berprogres hingga saat ini terus kita kawal keberlanjutannya. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab saya untuk melanjutkan itu, sebagaimana amanat yang dititipkan pada saya. Kami akan lakukan berbagai langkah strategis agar proyek-proyek ini terselesaikan dengan baik,” ungkap Wahyu saat melalukan peninjauan, Sabtu (30/9/2023).

Beberapa proyek yang ditinjau antara lain pembangunan gorong-gorong Ki Ageng Gribig, proyek pembangunan jalan baru via Jalan Danau Jonge Kelurahan Madyopuro, Tower Tugu Tirta Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Malang, Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP) Bango dan Gedung Malang Creative Center (MCC).

“Jadi hari ini meninjau beberapa proyek strategis. Tugas saya melanjutkan apa yang menjadi program pembangunan yang sudah ditetapkan, khususnya RPJMD 2024-2026,” tambahnya lagi.

Pembangunan gorong-gorong Ki Ageng Gribig yang kini tengah berprogres jadi upaya dan solusi nyata dalam menangani dan mengatasi permasalahan banjir yang telah lama menjadi isu di kawasan Sawojajar. “Esensi sustainable (keberlanjutan) jadi pedoman saya, karena (keberlanjutan) ini adalah kunci keberhasilan Pembangunan, sekaligus menjalankan apa yang sudah diamanatkan Bu Gubernur,” jelas Pj Wali Kota Malang.

Pada kesempatan ini, lokasi proyek pembangunan jalan baru via Jalan Danau Jonge Kelurahan Madyopuro juga disambangi oleh Pj Wali Kota Malang. Jalan yang akan menghubungkan exit Tol Madyopuro dengan Jalan Sulfat ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

“Selanjutnya, Tower Tugu Tirta SPAM Kota Malang yang berada di area Perumda Tugu Tirta menjadi wujud komitmen akan ketersediaan air baku dan menuju kemandirian air baku di Kota Malang,” paparnya.

Peninjauan selanjutnya adalah ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP) Bango yang berkapasitas 100 liter per second (Ips) di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing. Pembangunan WTP ini menjadi solusi untuk memastikan kebutuhan air bagi masyarakat Kota Malang aman. Di akhir peninjauannya Pj Wali Kota Malang mengunjungi Gedung MCC yang menjadi wadah bagi seluruh penggiat 17 subsektor ekonomi kreatif untuk dapat memfasilitasi dan mengembangkan potensinya sesuai arahan Gunernur Jatim.

“Beberapa pembangunan proyek strategis yang tengah berjalan harapannya betul-betul membawa dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Kota Malang,” harapnya.

Pada kesempatan ini turut hadir mendampingi Pj Wali Kota Malang dalam peninjauan antara lain Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten 2), Ir. Diah Ayu Kusuma Dewi, MT, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Nor Muhlas, S.Pd, M.Si, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Dr. Eko Sri Yuliadi, S.Sos, MM, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR) Kota Malang, Yani Prasetyo, SE, MM, dan sejumlah jajaran di lingkungan Pemkot Malang. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content