Pelayanan Publik

Pj Wali Kota Malang Tinjau Pelayanan RSUD Kota Malang

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Dalam rangka memastikan pelayanan publik di Kota Malang berjalan dengan baik, Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM turun langsung meninjau pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang, Kamis (5/10/2023).
Tampak hadir mendampingi Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, Asisten 1, Asisten 2, serta Asisten 3 Setda Kota Malang, Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Umar Usman dan beberapa kepala perangkat daerah.

Pj Wali Kota Malang meninjau pelayanan di RSUD Kota Malang

Pada kesempatan ini Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat melihat langsung beberapa unit layanan yang ada di RSUD Kota Malang, mulai dari unit Instalasi Gawat Darurat (IGD), ICU untuk perawatan bayi, poli anak, hingga ruang rawat inap. Wahyu juga mengecek fasilitas apa saja yang masih sangat dibutuhkan untuk menunjang pelayanan yang maksimal.

Usai berkeliling, Pj Wali Kota Malang mengungkapkan pelayanan di RSUD Kota Malang sudah bagus dan melayani warga Kota Malang maupun warga Kabupaten Malang. “RSUD Kota Malang juga jadi rujukan dari rumah sakit lain. Ini berarti RSUD Kota Malang memiliki kelebihan, diantaranya adalah adanya unit pelayanan dan perawatan anak di ruang ICU dan juga pelayanan rawat inap yang memiliki standar yang bagus,” urai Wahyu.

Terkait fasilitas yang dirasa kurang diantaranya adalah fasilitas alat untuk cuci darah atau hemodialisis yang ke depan akan dipenuhi keberadaaanya dengan dilengkapi prasarana dan prasarana yang lengkap. “Nanti akan ada usulan, dan akan dilihat kemampuan anggarannya. Jadi dengan melihat langsung seperti ini kita akan tahu kebutuhan prioritas di RSUD Kota Malang,” jelas Wahyu.

Sementara itu Direktur RSUD Kota Malang, Rina Istarowati membenarkan jika pihaknya memiliki kekurangan beberapa fasilitas penunjang, seperti alat alat cuci darah dan CT Scan. Padahal, dingkapkannya setiap bulan rata-rata ada 30-50 pasien yang membutuhkan. “Jadi saat dokter spesialis saraf menangani kasus stroke dan membutuhkan scan, saat ini masih dirujuk ke rumah sakit lain. Kita kirim ke sana untuk menjalani CT Scan dan perawatannya di RSUD Kota Malang,” kata Rina.

Terkait kebutuhan dokter spesialis, disampaikannya di RSUD Kota Malang saat ini terus melakukan penyiapan. “Spesialis mata, THT, jantung dan mikrobiologi lab saat ini sedang pendidikan. Dokter bedah kita masih proses. Kita masih ada beberapa yang non ASN, sambil menunggu dokter yang sekolah untuk kembali,” ungkap Rina.

Sebelum meninjau ke RSUD Kota Malang, Pj Wali Kota Malang mengunjungi Perkantoran Terpadu (Block Office) untuk melihat pelayanan publik di Bapenda dan Dispendukcapil Kota Malang. Di Bapenda dan Dispenducapil Kota Malang, Pj Wali Kota Malang menyempatkan berdialog dengan masyarakat untuk memastikan pelayanan yang diberikan, serta menanyakan keluhan, saran dan masukan untuk pelayanan publik Pemkot Malang yang lebih baik.

Selain mengunjungi kantor pelayanan, Pj Wali Kota Malang juga menyempatkan untuk mengunjungi kantor DisnakerPMPTSP, dan kantor Diskominfo Kota Malang. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content