Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Bappeda Kota Malang Gelar Sosialisasi Forum Satu Data Indonesia

Klojen (malangkota.go.id) – Untuk mewujudkan data dan informasi yang berkualitas serta terintegrasi demi mendukung program perencanaan pembangunan daerah jangka panjang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang menggelar Sosialisasi Forum Satu Data Indonesia di Hotel Savana, Kamis (19/10/2023).

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Malang J. A. Baju Widjaja, S.Sos, M.Si saat menjadi narasumber

Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu, SH, M.Hum membuka kegiatan sekaligus memaparkan materi secara virtual tentang pentingnya Forum Satu Data dalam mendukung perencanaan pembangunan. Melalui kegiatan ini Dwi berharap wadah koordinasi dan komunikasi antar instansi terkait dengan penyelenggaraan Satu Data di Kota Malang dapat terwujud.

“Dalam Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan adanya data, perencanaan, dan pembangunan yang berkualitas sebagai pendukung perencanaan pembangunan jangka panjang,” jelasnya.

Dwi memaparkan tentang peran data dalam siklus perencanaan pembangunan. “Pertama adalah penyusunan, kemudian penetapan, pengendalian pelaksanaan, dan terakhir evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan. Dari siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa pembangunan berawal dari data dan menghasilkan data. Oleh karena itu diperlukan adanya Forum Satu Data yang akan menjadi peran penting dalam pemenuhan data berkualitas,” urainya.

Perempuah ramah tersebut menyebutkan bahwa Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi, baik pusat maupun daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk.

Sosialisasi Forum Satu Data Indonesia ini juga menghadirkan narasumber Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Malang J. A. Baju Widjaja, S.Sos, M.Si yang memaparkan tentang urgensi dan konsistensi data dalam Malang Satu Data serta dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang yang memaparkan tentang implikasi proyeksi penduduk untuk kebijakan pembangunan Kota Malang. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content