Berita Seni Budaya dan Pariwisata

Yawadwipa Bayangkara, Ajang Kreativitas dan Pelestarian Budaya

Klojen (malangkota.go.id) – Memberikan wadah untuk menyalurkan hobi, mengembangkan kreativitas, serta untuk melestarikan budaya, Komunitas Ngalam Media Center menggelar kompetisi tari Jawa, kebaya, serta cosplay bertajuk ‘Yawadwipa Bhayangkara’ di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang Jumat (26/10/2023) hingga Minggu (29/10/2023).

Kegiatan Yawadwipa Bhayangkara di MCC

Ketua Ngalam Media Center, Y. Lukman Adiwinoto mengungkapkan kegiatan di MCC ini membawa semangat seni dan budaya agar menjadi tuan rumah dan penjaga di tanah Jawa, seiring dengan diangkatnya tema Yawadwipa Bhayangkara yang memiliki arti benteng pertahanan terakhir. “Peserta yang sudah terdaftar sampai hari ini ada 80 peserta, baik perorangan maupun grup yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur,” jelas Lukman, Jumat (27/10/2023).

Lukman mengungkapkan awalnya kegiatan ini ditujukan untuk wilayah Malang Raya saja, akan tetapi ternyata banyak peserta dari berbagai wilayah Jawa Timur ikut mendaftar. “Ini melebihi ekspektasi kami,” ucap Lukman antusias.

Dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi, harapannya selain seni budaya saja yang terangkat, namun juga denyut nadi perekonomian juga turut terimbas. “Peserta yang datang ke sini tentu memerlukan makan, menginap, membeli oleh-oleh, dan juga berwisata. Ini tentu akan banyak membawa multiple effect yang dapat menghidupkan ekonomi rakyat,” ujar Lukman.

Melihat animo peserta yang sangat bagus, Lukman menyebutkan akan mengagendakan kegiatan ini menjadi ajang tahunan dengan harapan dapat memacu para pelaku seni semakin bersemangat berkreasi untuk memajukan bangsa melalui budaya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content