Berita Kesehatan

Dinkes Kota Malang Bina Kelompok Asman Pemanfaatan Toga dan Keterampilan

Klojen (malangkota.go.id) – Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menggelar kegiatan Pembinaan Asuhan Mandiri (Asman) Pemanfaatan TOGA (Taman Obat Keluarga) dan Keterampilan di Hotel Savana Kota Malang, Kamis (26/10/23).

Pembinaan Asuhan Mandiri (Asman) Pemanfaatan TOGA (Taman Obat Keluarga) dan Keterampilan di Hotel Savana Kota Malang, Kamis (26/10/23).

Kegiatan pembinaan ini adalah salah satu upaya yang dilakukan agar individu dalam keluarga, kelompok atau masyarakat dapat secara mandiri memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan ringan dengan memanfaatkan TOGA dan keterampilan sehingga diperoleh keluarga yang sehat.

Kepala Sub Koordinasi Sub Substansi Pelayanan Kesehatan Tradisional Dinkes Kota Malang, dr. Ella Nurilla Sari mengatakan bahwa pelaksanaan Asuhan Mandiri di masyarakat perlu dilakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan. Oleh karena itulah dalam pengembangannya perlu diselenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas tenaga, sumber daya, kelembagaan, serta pemberian sosialisasi dan fasilitasi.

“Adapun tujuan dari dilakukan sosialisasi ini untuk mengevaluasi kegiatan kelompok Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA yang sudah terbentuk dan memiliki SK Kelurahan serta meningkatkan pengetahuan peserta dalam pemanfaatan TOGA,” ungkapnya.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini pengembangan TOGA mampu lebih maksimal sehingga ke depannya masyarakat Kota Malang mampu mandiri dalam memenuhi kebutuhan kesehatannya serta masyarakat mampu memanfaatkan TOGA sesuai dengan fungsi dan manfaatnya.

“Hasil yang kami harapkan pada pembinaan kali ini adalah terwujudnya pelayanan kesehatan tradisional sesuai standar, terwujudnya pemberdayaan masyarakat dalam asuhan mandiri, dan terlaksananya pembinaan dan pengawasan pelayanan kesehatan tradisional secara berkala,” bebernya.

Pada kesempatan ini, beberapa perwakilan kelompok Asman memaparkan seputar program dan kegiatan di masing-masing kelompok Asman TOGA sehingga diharapkan dapat mendorong, menggerakkan, mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk memiliki serta memanfaatkan TOGA dan keterampilan untuk asuhan mandiri secara benar. (vin/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content