Berita Kesehatan

Pemkot Malang Gelar Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 di halaman depan Balai Kota Malang, Senin (20/11/2023). Apel kali ini diikuti oleh seluruh jajaran Kepala Perangkat Daerah di Kota Malang, Camat, Lurah se-Kota Malang, dan juga tenaga kesehatan di Kota Malang.

Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 di halaman depan Balai Kota Malang

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM dalam arahannya menyampaikan apel pagi ini menjadi momentum untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakkan untuk mewujudkan sistem kesehatan nasional, khususnya di Kota Malang. Menurutnya dengan cara tersebut, Kota Malang akan lebih mampu dan kuat menghadapi berbagai tantangan yang ada.

Wahyu pada kesempatan ini juga membacakan amanat Menteri Kesehatan RI pada upacara Hari Kesehatan Nasional ke-59, diantaranya adalah upaya yang dilakukan Pemerintah Pusat dalam menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh indonesia.

“Beliau berpesan bahwa RIBK harus menjadi acuan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya,” jelas Wahyu.

Wahyu menambahkan, di momen peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 ini Menkes juga menginstruksikan untuk menguatkan jalinan sinergitas dan kolaborasi, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat dalam pelaksanaan enam pilar transformasi kesehatan untuk penopang sistem kesehatan indonesia.
“Keenam pilar tersebut adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan,” urainya.

Maka dari itu, Wahyu menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap seluruh insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di Indonesia.

Namun, dikatakannya bahwa perjuangan belum selesai. “Maka dari itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat demi Indonesia Emas 2045,” ajaknya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr. Husnul Muarif menyebutkan berbagai acara diselenggarakan oleh Dinkes Kota Malang untuk memeriahkan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023 ini.

Berbagai rangkaian kegiatan tersebut antara lain Lomba Poster Kesehatan yang diikuti oleh 209 peserta dari kategori umum, Lomba Iklan Layanan Masyarakat yang diikuti 11 peserta dari fasilitas pelayanan kesehatan, Bakti Sosial Kesehatan yang diikuti 220 siswa SD di dua sekolah yaitu SDN Madyopuro 6 dan MI Jabal Nur, kemudian Apel Hari Kesehatan Nasional ke-59, dan ditutup dengan Gebyar HKN yang nanti akan digelar di Malang Creative Center (MCC) pada tanggal 23 November 2023 mendatang. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content