A. Highlight Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Resmikan TPA Kota Malang, Presiden Jokowi Instruksikan Terus Tangani Sampah dengan Serius

Sukun (malangkota.go.id) – Sampah adalah salah satu persoalan serius yang apabila tidak ditangani dengan baik dapat akan menimbulkan berbagai permasalahan. Misalnya permasalahan sosial, kesehatan hingga dapat menimbulkan bencana seperti pencemaran lingkungan, permasalahan sumber air serta banjir.

Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang

Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kota Malang, Kamis (14/12/2023). Selain TPA Supit Urang Kota Malang, pada momen ini Jokowi juga meresmikan TPA milik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan Pemerintah Kabupaten Jombang.

Ditambahkan Presiden Jokowi, untuk mengatasi masalah sampah ini dibutuhkan TPA yang ditata dengan baik. “Selain itu, juga harus memiliki fasilitas dan teknologi pengolahan yang modern, sistem pengelolaan serta manajemen yang baik. Seperti halnya 3 TPA yang diresmikan hari ini,” imbuhnya.

Menurutnya, tiga TPA yang saat ini diresmikan bisa menjadi contoh pengelolaan sampah bagi kota-kota atau daerah lain yang mengalami persoalan sampah. Ada beberapa TPA di Indonesia yang menggunakan sanitary landfill, salah satunya adalah Kota Malang.

“Saya tahu pengelolaan sampah itu tidak mudah. Mengatur satu tempat saja sulit, apalagi jika satu kota, satu kabupaten dan satu provinsi atau dalam satu negara. Dan sekarang sudah ada banyak model TPA yang beroperasi dengan baik”, urai Jokowi.

Dengan beroperasinya tiga TPA yang dilengkapi teknologi modern ini ditargetkan dapat mengurangi permasalahan sampah. Selain itu, juga untuk mengurangi pencemaran lingkungan, sehingga dapat meningkatkan kualitas lingkungan, serta kesehatan masyarakat, khususnya di Jawa Timur. (say/yul)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content