Artikel Terkini

OKK PWI Malang Raya Untuk Lahirkan Wartawan Beretika

Klojen (malangkota.go.id) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) bagi 85 calon anggota barunya, Senin (18/12/2023). Dari orientasi yang dihelat di aula Polresta Malang Kota ini bertujuan untuk melahirkan wartawan profesional dan beretika dalam berbagai hal.

Foto bersama usai pembukaan kegiatan

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan orientasi ini wajib diikuti calon anggota PWI yang telah menjalani Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk mendapatkan kartu anggota PWI.

Selain menjalani tes tulis, wartawan dari berbagai platform media ini juga mendapat pembekalan khusus dari PWI Jawa Timur, sehingga nantinya terlahir wartawan yang profesional, beretika dan kompeten. “Dalam konteks ini, wartawan dapat mematuhi kode etik jurnalistik, memahami cara penulisan berita yang benar dan menggunakan hak serta kewajibannya dengan baik,” imbuhnya.

Nantinya teman-teman yang telah menjadi anggota PWI, disebutkan Cahyono akan bekerja sesuai dengan kaidah jurnalistik karena sudah dibekali modal untuk menjadi wartawan yang kompeten.

Orientasi bagi wartawan ini pun mendapat apresiasi dari Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto. Menurutnya, dari acara ini akan semakin menambah pengetahuan wartawan, khususnya wartawan baru dalam penulisan berita. Selain itu, juga terkait pemahaman dalam berorganisasi.

“Organisasi itu tidak hanya sekedar menjadi simbol ataupun ikon, tetapi apa manfaat dari organisasi tersebut. Bagaimana kolaborasinya, bagaimana sinerginya. Semoga kegiatan OKK ini bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan, keterampilan serta pengetahuan tentang keorganisasian”, imbuhnya.

Peserta orientasi angkatan ke-11 ini berasal dari berbagai daerah, seperti dari Surabaya, Lumajang, Mojokerto, Blitar dan Jakarta. Selain itu juga diikuti personel humas pemerintah daerah dan Polres di Malang Raya. Setelah orientasi, para wartawan mendapat sertifikat, sah menjadi anggota PWI, dan namanya akan terdaftar di situs Dewan Pers. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content