Klojen (malangkota.go.id) – Komunitas Pelangi Nusantara (Pelanusa) menggelar Kickoff Inkubasi Pelanusa yang mengusung tema ‘Bergerak Bersama Menuju Kemis Mbois’ di Lantai 5 Amphiteater 2 Gedung Malang Creative Center Kota Malang, Kamis (21/12/2023). Komunitas Pelanusa adalah salah satu komunitas yang bergerak di bidang kriya dan pemberdayaan manusia.

Pj Ketua Dekranasda Kota Malang Hanik Andriani (tengah) saat menjadi narasumber di kegiatan Kickoff Inkubasi Pelanusa ‘Bergerak Bersama Menuju Kemis Mbois’

Tampak hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini Pj. Ketua Dekranasda Kota Malang Dra. Hanik Andriani Wahyu Hidayat, Founder dan CEO Pelanusa Ir. Endahing Noor Suryanti, serta owner Sari Ronce Siska Sumartono.

Pj. Ketua Dekranasda Kota Malang Hanik Andriani mengungkapkan keseriusan Kota Malang melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM agar semakin berkembang. Salah satu diantaranya melalui program Kemis Mbois yang mewajibkan ASN dan Non ASN di lingkungan Pemkot Malang untuk menggunakan produk UMKM lokal.

Kota Malang menerima apresiasi atas komitmen dan penguatan UMKM melalui program Kemis Mbois ini. “Berkat Kamis Mbois, Kota Malang mendapatkan penghargaan. Ini momen yang bagus untuk terus mendukung dan memajukan UMKM,” jelas Hanik.

Produk UMKM Kota Malang menurut Hanik sangat luar biasa dan bagus-bagus. Dukungan dari Pemerintah Kota Malang salah satunya melalui Diskopindag Kota Malang tentunya akan sangat membantu UMKM semakin berdaya. “Bukan hanya UMKM di Kota Malang saja, kami juga ingin memajukan UMKM di Malang Raya, termasuk salah satunya dengan berkegiatan di MCC hari ini,” terang Hanik.

Sementara itu Founder dan CEO Pelanusa Ir. Endahing Noor Suryanti mengaku senang bisa melakukan kegiatan bersama Pj. Ketua Dekranasda Kota Malang. Ini menjadi bagian penting untuk bisa menguatkan pembinaan UMKM, baik di Kota Malang maupun Malang Raya. “Anggota Komunitas Pelanusa sangat beragam, namun banyak yang memulai usaha dari nol. Untuk bisa dikenal luas seperti saat ini membutuhkan proses panjang dan dukungan semua pihak,” jelas Yanti.

Diungkapkannya, bahwa di komunitas Pelanusa juga memiliki anggota berkebutuhan khusus. “Kami ingin melalui Pelanusa bisa terus membantu masyarakat dan UMKM semakin berdaya, termasuk juga melakukan kerjasama dengan Pemkot Malang menyukseskan program Kemis Mbois,” ujar Yanti, panggilan akrab Endahing Noor Suryanti. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content