Anak Berita

Upaya Tanamkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) terus mengencarkan upaya untuk menumbuhkan semangat dan jiwa nasionalisme kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk para pelajar SMA, SMP hingga anak usia dini.

Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di beberapa sekolah di wilayah Kota Malang

Sebagai wujud upaya tersebut, Bakesbangpol Kota Malang menggelar Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di beberapa sekolah di wilayah Kota Malang, tak terkecuali di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK).

“Kegiatan ini adalah Pendidikan Wawasan Kebangsaan kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk kepada siswa. Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pendidikan wawasan kebangsaan dengan memperkenalkan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara,” jelas Kepala Bakesbangpol Kota Malang, Dra. Rinawati, MM.

Lebih lanjut ia menjelaskan, melalui kegiatan ini diharapkan para siswa sebagai generasi penerus bangsa bisa memiliki rasa cinta tanah air dan mengenal dasar serta ideologi Pancasila. “Kegiatan ini mengajarkan kepada anak-anak sikap toleransi dan saling menghargai. Mengenal saudara yang berbeda suku, agama, ras dan budaya. Harapannya, nantinya mereka bisa hidup saling menghormati dan menghargai,” terang Rina.

Kegiatan penguatan nilai-nilai Pancasila ini di antaranya di gelar di TK Negeri Pembina 1 dan SMA Negeri 4 pada 18 Desember 2023, kemudian TK Unggulan Al Ya`lu Malang pada 19 Desember 2023 serta di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 dan SMP Negeri 4 pada tanggal 20 Desember 2023.

Dalam Pembekalan Wawasan Kebangsaan untuk putra dan putri TK Aisyiyah 26 Kota Malang yang diikuti oleh kurang lebih 50 siswa, turut hadir Pj. Ketua TP PKK Kota Malang, Hanik Andriani Wahyu Hidayat untuk memberikan materi. Kegiatan juga diramaikan oleh pelayanan adminduk dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang berupa Kartu Identitas Anak (KIA). (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content