Anak Kesehatan

Pj. Ketua TP PKK Kota Malang Tinjau Pelaksanaan Sub PIN Polio di Rampal Celaket

Klojen (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj.) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Hanik Andriani Wahyu Hidayat meninjau pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio di beberapa pos imunisasi. Didampingi pengurus TP PKK Kota Malang, Hanik meninjau pelaksanaan Sub PIN Polio yang berada di Balai RW 5 Kelurahan Rampal Celaket Kecamatan Klojen, Kota Malang, Rabu (17/1/2024).

Pj. Ketua TP PKK Kota Malang Hanik Andriani (kiri duduk) memberikan imunisasi polio kepada salah satu anak saat pelaksanaan Sub PIN Polio di Balai RW 5 Kelurahan Rampal Celaket Kecamatan Klojen, Kota Malang, Rabu (17/1/2024)

Tak hanya melakukan pemantauan, Hanik juga memberikan imunisasi dengan meneteskan vaksin nOPV2 kepada salah satu anak. Melihat animo masyarakat yang tinggi dan berbagai upaya yang dilakukan para stakeholder untuk menggerakkan masyarakat datang ke pos imunisasi, Hanik optimis bahwa target capaian Sub PIN Polio bisa teraih.

“Insyaallah itu bisa tercapai, karena melihat antusiasme yang cukup baik, serta masyarakat sudah paham apa manfaat imunisasi. Saya rasa masyarakat juga sudah sadar akan guna imunisasi, walaupun memang ada sebagian kecil masyarakat yang memiliki kepercayaan atau paham yang berbeda. Karenanya kerja sama lintas sektor harus dikuatkan. Seperti bekerja sama dengan MUI untuk bersama mengedukasi masyarakat,” terangnya.

‘Iso Gak Iso 95 (Songo Limo) Ker’ menjadi slogan yang terus didengungkan agar target capaian Sub PIN Polio yakni 95 persen yang telah ditetapkan oleh pemerintah provinsi dapat tercapai. Hanik pun mendorong layanan kesehatan seperti puskesmas atau posyandu memiliki inovasi untuk mampu meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam Sub PIN Polio ini. “Harapan kami kepala puskesmas mempunyai inovasi, melakukan terobosan untuk menyukseskan vaksinasi ini, mungkin bisa dilakukan dengan melakukan kunjungan rumah atau yang lain. Anak yang divaksin tentunya akan lebih sehat, lebih terlindungi dari penularan penyakit,” ujarnya.

Sebagai Pj. Ketua TP PKK Kota Malang, Hanik berharap kehadiran PKK juga dapat memberikan kontribusi untuk mencapai suksesnya pelaksanaan Sub PIN Polio ini. “PKK adalah mitra kerja pemerintah, oleh karena itu tugas kami untuk melakukan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat dengan difasilitasi oleh leading sector yakni Dinas kesehatan. Tak hanya untuk vaksin ini, tapi juga untuk giat lain yang tujuannya untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Husnul Muarif, MM menyampaikan bahwa target imunisasi tambahan polio di Kota Malang adalah sebanyak 93.187 anak. “Sub PIN Polio di Kota Malang dilaksanakan sejak tanggal 15 Januari 2024. Hingga kemarin sudah terlaksana di 300 titik dengan 30 sampai 45 anak di setiap titiknya. Ini akan terus berlangsung sampai 21 Januari (untuk putaran pertama),” kata Husnul. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content