Lowokwaru (malangkota.go.id) – Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Keramik Dinikoe yang berlokasi di Jl. Tlogo Suryo No.48B Tlogomas Kota Malang menarik minat perusahaan asal negara Jepang, Bong Syoji.Co.Ltd yang datang bersama tim dari Bea Cukai Malang untuk melakukan penjajakan, Selasa (23/1/2024).

Pengusaha Jepang saat melakukan penjajakan ekspor dengan Keramik Dinikoe Jl Tlogo Suryo

Pemilik usaha Keramik Dinikoe Nur Hayati Setyarini mengungkapkan bersyukur dengan kehadiran buyer asal Negeri Matahari Terbit itu. Menurutnya ini menjadi awal yang bagus untuk dapat mengembangkan usahanya. “Tadi buyer asal Jepang tertarik dengan beberapa item produksi kami, namun masih ada beberapa yang harus dibicarakan lebih lanjut. Semoga deal,” harap Nur Hayati.

Nur Hayati mengaku pihaknya siap memenuhi permintaan kemasan yang diinginkan buyer asal Jepang, termasuk memastikan bahwa karamik yang dikirim tidak rusak ataupun pecah ketika sampai ke tujuan. “Kalau sampai pecah atau rusak kami juga siap untuk mengganti. Intinya kami akan memenuhi permintaan dari Jepang sebaik mungkin,” tegas Nurhayati.

Adapun keramik yang diinginkan buyer dari Jepang, Nur Hayati menyebutkan salah satu itemnya adalah mug dan juga pot keramik. Untuk pot dari keramik masih akan didalami lagi bagaimana desain yang diinginkan dan sudah dibawakan contoh-contohnya.

Sementara itu Kepala Bidang Usaha Mikro Diskopindag Kota Malang, Farid Junaidi mengungkapkan senang dan bangga adanya ketertarikan buyer asal Jepang dengan produk keramik Kota Malang ini. Dikatakannya bahwa Kota Malang memiliki sentra keramik mulai dari Kawasan Dinoyo sampai dengan Kawasan Tlogomas. “Harapan kami dengan kehadiran buyer dari Jepang ini, sentra Keramik di Kota Malang bisa hidup lagi dan dikenal lebih luas,” terang Farid.

Dengan adanya kunjungan dan buyer potensial seperti ini diharapkan sentra keramik di Kota Malang akan bertumbuh seperti halnya produk makanan minuman, serta rotan. Terlebih dalam sejarahnya, pada tahun 1980-1990-an Kota Malang adalah masa jaya keramik yang berulang kali melakukan ekspor. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content