Artikel Terkini

Masuk Musim Penghujan, Dream Farm Genjot Produksi Selada

Sukun (malangkota.go.id) – Musim penghujan membawa berkah tersendiri bagi Miranda Putri Ramadani, pemilik Dream Farm di Jl. IR. Rais Kelurahan Tanjungrejo yang menekuni usaha pertanian sayur sehat hidroponik.

Selada di Green House Fram Farm

Miranda mengakui mulai menekuni usaha ini sejak tahun 2021 silam dengan menanam berbagai sayuran, salah satunya adalah sayur selada. Ketika memasuki musim penghujan seperti saat ini, diungkapkannya bahwa permintaan selada ke tempat usahanya mengalami peningkatan.

“Dalam seminggu, dua sampai tiga kali 30 kilogram sampai 50 kilogram sayur selada yang mampu kami hasilkan selalu habis. Tidak hanya dari Malang saja, permintaan juga datang dari Sidoarjo, Surabaya, hingga Banyuwangi,” jelas Miranda, Rabu (7/2/2024).

Menurut analisanya, banyaknya permintaan selada hidropik di musim hujan ini kemungkinan karena selada hasil pertanian konvensional di lahan terbuka banyak yang gagal panen. Curah hujan yang begitu tinggi dan serangan hama membuat selada di lahan pertanian konvensional sulit berhasil panen dengan baik.

“Oleh sebab itulau saat musim penghujan seperti saat ini, produksi kami di green house terus kami genjot. Alhamdulillah berapapun yang bisa kami hasilkan selalu habis terjual,” kata Miranda.

Miranda mengatakan saat ini ia sedang berupaya mengembangkan usahanya dengan menambah green house untuk budi daya pengembangan. Tetapi karena modal yang dibutuhkan tidak sedikit, saat ini pihaknya lebih berkonsentrasi memaksimalkan green house yang sudah ada.

Untuk memanen selada dengan hasil yang bagus, dijelaskannya membutuhkan waktu tanam hingga panen sekitar 40 sampai dengan 50 hari. Disinilah petani harus pintar menyusun jadwal tanam agar setiap minggunya ada sayuran yang bisa dipanen.

Demikian juga dalam pengendalian hama, menanam di green house disebutkannya bisa meminimalisir hama dibandingan saat menanam di lahan terbuka. Ini menjadi keuntungan tersendiri untuk pembudi daya sayur hidroponik.

Dream Farm selain membudidayakan sayuran, juga mengembangkan empat usaha lain, yaitu pengembangan wisata dan pelatihan hidroponik, magang, pemenuhan kebutuhan sayur sehat, menyediakan pemenuhan kebutuhan perlengkapan hidroponik, dan pembuatan instalasi hidroponik. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content