Berita Pendidikan

Tingkatkan Kecintaan Pada Budaya Lokal, Stamsa Gelar Pameran Seni

Klojen (malangkota.go.id) – Mengangkat tema ‘Tempoe Doloe’, peserta didik kelas IX SMP Katolik Santa Maria 1 (Stamsa) Kota Malang menggelar pameran karya seni, Jumat (23/2/2024). Kegiatan ini menjadi ajang untuk menunjukkan hasil karya seni yang telah dibuat oleh siswa-siswi kelas IX. Beragam karya berupa seni lukis, patung, hingga seni grafis pada kertas dan kain ditata apik di aula sekolah yang terletak di Jalan Puteran Kota Malang ini.

SMP Katolik Santa Maria 1 (Stamsa) Kota Malang menggelar pameran karya seni

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat (Waka Humas) SMPK St. Maria 1, Galuh Triatmojo, S.Pd menyampaikan bahwa pameran karya seni ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan bakat siswa di bidang seni rupa.

Tema Tempoe Doeloe diangkat dengan tujuan agar generasi Z saat ini dapat terus melestarikan dan memperkenalkan budaya-budaya lokal di Indonesia kepada masyarakat luas serta dapat merasakan suasana ala tempo dulu.

“Pameran seni ini tentu diharapkan mampu mengenalkan siswa kepada kesenian khususnya kesenian khas Kota Malang. Dari sini diharapkan ada ketertarikan sehingga mereka memiliki kemauan untuk menggeluti sehingga kesenian Kota Malang nantinya juga tetap lestari dan berkembang,” benernya.

Beberapa karya yang dipamerkan dalam event ini adalah lukisan kanvas, patung 3D, gambar, batik ecoprint, kain batik adat Jawa, dan Topeng khas Malangan. Memperkuat tema tempo dulu, dalam pameran ini juga dipamerkan aneka barang-barang antik, wayang, alat musik tradisional, dan tulisan tangan aksara Jawa.

Dalam pameran ini pun para siswa juga dipercaya untuk mengonsep dan mempersiapkan kegiatan. “Harapannya anak-anak memiliki pengalaman dalam membuat sebuah event, terutama yang berkaitan dengan kesenian, sehingga nanti siswa memiliki bekal dan mampu memberi kontribusi di manapun mereka berada kelak, baik di sekolah lanjutan maupun di masyarakat,” tutup Galuh. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content