Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Usai Dikukuhkan, Ini Pesan Penting untuk Kepala KPw BI Malang yang Baru

Blimbing (malangkota.go.id) – Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti mengukuhkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Febriana di Hotel Harris Kota Malang, Selasa sore (5/3/2024). Pada kesempatan ini Destry menitipkan empat pesan penting kepada Kepala KPw BI Malang yang baru.

Pesan penting pertama yaitu terkait pengendalian inflasi yang saat ini dipicu oleh kenaikan harga komoditas pangan. Terkait hal ini, ditegaskannya gerakan nasional pengendalian inflasi pangan akan dan harus diaktifkan lagi agar harga pangan stabil dan terjaga.

Berikutnya, Destry meminta agar berbagai potensi yang ada di daerah terus dikembangkan dan dioptimalkan. Khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang selama ini menjadi tulang punggung perekonomian. “Sejauh ini lebih dari 90 persen pelaku bisnis adalah pelaku UMKM. Kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) cukup besar, yaitu 67 persen dan menyerap tenaga kerja hingga 97 persen,” imbuhnya.

Ketiga, Destry berpesan agar sistem pembayaran digital terus digenjot. “Selain lebih aman, sistem ini juga lebih efisien. Hingga Desember 2023, merchant atau layanan sistem pembayaran ini sekitar 611 ribu. Transaksi elektronik di lingkup pemerintah daerah di atas 90 persen,” bebernya.

“Salah satu tantangan domestik di depan mata kita ini adalah inflasi, khususnya berasal dari pangan. Jadi tantangan itu sangat besar. Itu kita berbicara domestik, kita belum bicara yang global yang ketidakpastiannya juga masih tinggi. Jadi kalau kita cuma sendirian menangani itu tidak akan bisa. Makanya kita perlu bersinergi, kita perlu berkolaborasi dan kita perlu berkoordinasi,” tutur Destry.

Tak kalah penting, Destry meminta Febrina agar memastikan uang yang beredar di masyarakat berkualitas. Dalam hal ini,  Bank Indonesia akan selalu melayani penukaran uang lusuh yang beredar di masyarakat. “Layanan kas keliling juga harus terus diadakan agar masyarakat terbantukan,” ungkapnya.

Apa yang disampaikan Destry diamini oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM. Menurutnya, dengan kebersamaan, kolaborasi dan sinergi yang baik, maka akan dapat menyelesaikan permasalahan apapun yang terjadi di masyarakat. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content