Berita

Ajak Berantas Korupsi dengan Seni Lewat ACFFEST, KPK Roadshow Movie Day ke Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Bertepatan satu dekade perjalanan Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2024, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Roadshow Movie Day. Kota Malang menjadi kota kelima dari sepuluh kabupaten/kota di Indonesia yang menjadi tujuan dalam rangkaian roadshow.

Talkshow & Film Screening Movie Day Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 

Kegiatan roadshow diisi Talkshow & Film Screening di Cinepolis Malang Town Square, Jumat (21/6/2024) dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala Sekretariat Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI Guntur Kusmeiyano, Sutradara Film Sammaria Simanjuntak, dan sineas pemenang ACFFEST 2022 Alfian Alfarisi.

“Kenapa KPK edukasi lewat film? Hanya seperenam dari tugas KPK yang penindakan dan eksekusi itu. Ada tugas pendidikan, koordinasi, supervisi, monitoring, pencegahan, baru penyelidikan, penuntutan dan eksekusi,” terang Guntur.

Guntur menjelaskan strategi pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK itu ada tiga pendekatan. Pertama strategi pendidikan (education) yang golnya orang tidak ingin korupsi, kedua strategi pencegahan yakni menutup celah-celah korupsi melalui perbaikan sistem tata kelola, dan ketiga adalah penindakan untuk efek jera, mengembalikan kerugian keuangan negara dan sebagainya.

“Titik tekannya ada di pendidikan. Pendidikan antikorupsi, berantas korupsi lewat seni, khususnya lewat film. KPK konsisten satu dekade melalui Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST). Tujuannya adalah membumikan nilai-nilai antikorupsi dengan akronim Jumat Bersepeda KK. Jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras,” jelasnya.

Tema Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) mengarah ke nilai antikorupsi tersebut, termasuk terkait gratifikasi, integritas dan lainnya. Harapannya ACFFEST bisa mengajak seluruh elemen bahkan dari usia muda untuk ikut berpartisipasi, aktif, kreatif dan peduli dengan menuangkan ide ke dalam bentuk karya film dalam upaya mengampanyekan nilai-nilai antikorupsi.

Rangkaian kegiatan yang diikuti oleh para pelajar, mahasiswa, media, dan komunitas film diisi dengan pemutaran film-film pendek bertema antikorupsi. Dua film pendek yang diputar berjudul Lansia Lan Sopo karya Alfian Alfarisi pemenang ACFFEST 2022 dan Air Mata Penyesalan yang diproduksi oleh Sinema Media Kreasi Bekasi.

Kompetisi ACFFEST 2024 diantaranya meliputi kompetisi ide cerita film pendek fiksi, ide konten vertical movie, event screening SinemAKSI dan karya film pendek (fiksi dan animasi). Informasi terkini seputar ACFFEST 2024 dapat diakses melalui https://acffest.com , media sosial Instagram @acffest.kpk dan twitter @acffest. Adapun film-film ACFFEST sebelumnya juga dapat disaksikan melalui kanal youtube KPK RI. (yul/yn)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content