A. Highlight Berita Ekonomi Kreatif

Kuatkan Pelaku UMKM, Kota Malang Luncurkan Sahabat UMKM

Blimbing (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang meluncurkan program ‘Sahabat UMKM’ di gedung Malang Creative Center (MCC) Jumat (28/6/2024). Anggota Sahabat UMKM in tidak hanya dari perangkat daerah terkait saja, namun juga para camat dan lurah sehingga berbagai hal yang berkaitan dengan UMKM nantinya dapat terakomodir dengan baik.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat meresmikan program ‘Sahabat UMKM’ di gedung Malang Creative Center (MCC)

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM,m usai meluncurkan ‘Sahabat UMKM’ berharap dengan adanya program ini pelaku UMKM dapat naik kelas, menembus pasar global serta lebih kompetitif. “Semua permasalahan yang dihadapi UMKM seperti terkait permodalan, merek dan pemasaran, nantinya akan dibantu semaksimal mungkin,” ujarnya.

Selain itu, orang nomor satu di Pemkot Malang itu menyebutkan Sahabat UMKM ini nantinya juga akan mencari dan mengakomodir warga yang baru akan merintis usaha, sehingga bisa dibina dan didampingi agar menjadi pelaku UMKM yang tangguh dan berdaya saing. “Saat ini ada sekitar 21 ribu UMKM yang sudah terkurasi, dan seiring berjalannya waktu pasti akan terus bertambah,” imbuh Wahyu.

Alasan lain kenapa program ini diluncurkan adalah karena pelaku UMKM merupakan penopang perekonomian masyarakat yang paling besar, dan terbukti mempunyai ketangguhan serta tidak begitu terdampak ketika kondisi perekonomian terkontraksi. Seperti halnya saat Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, pelaku UMKM nyaris tidak terdampak dan masih dapat bertahan.

“Beberapa kali saya datang langsung ke tempat pelaku UMKM untuk memastikan hal tersebut, dan hasilnya memang demikian. Sehingga ke depan berbagai program akan digulirkan guna terus memperkuat keberadaan para pelaku UMKM ini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Seperti menggencarkan pelatihan, membantu pengurusan merek dan pemasaran,” bebernya.

Lebih jauh dia mengatakan, nantinya berbagai elemen, seperti lurah dan camat akan berperan aktif. Bagi yang mengalami kendala dalam menjalankan usahanya, akan dibantu seoptimal mungkin. “Dengan kebersamaan yang terintegrasi kami optimis apa yang kami canangkan akan terealisasi dengan baik,” pungkas Wahyu. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content