Religi Sosial dan Kesra

Berbagi Keceriaan di Bulan Muharam, Baznas Salurkan Santunan untuk 1.000 Anak Yatim

Klojen (malangkota.go.id) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang bersama Kantor Kemenag Kota Malang dan Forum Zakat berbagi keberkahan dan keceriaan di bulan Muharam dengan menyalurkan santunan bagi 1.000 anak yatim di Masjid Jami’ Kota Malang, Selasa (16/7/2024).

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat berinteraksi dengan salah satu penerima bantuan

Bulan Muharam dalam Islam adalah bulan yang diistimewakan karena termasuk salah satu dari bulan haram. Keistimewaan lainnya adalah di bulan Muharam ini juga disebut sebagai bulan anak yatim atau sering disebut Lebaran Anak Yatim/Idul Yatama dengan menyantuni anak yatim pada tanggal 10 Muharam atau hari Asyura.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan penyerahan santunan bagi anak yatim yang digagas Baznas Kota Malang ini. “Baznas merupakan mitra dan kepanjangan tangan Pemerintah Kota Malang dalam memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat,” jelasnya.

Kegiatan ini dikatakannya juga sesuai program kerja Pemkot Malang sebagai bentuk hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat. “Dengan manfaat yang diberikan oleh Baznas ini semoga semakin banyak muzaki yang memercayakan zakatnya kepada Baznas, khususnya ASN di lingkungan Pemkot Malang,” harapnya.

Pj. Wali Kota Malang juga berharap sinergi yang baik senantiasa terus terjalin sehingga program-program inspiratif yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya yang tidak mampu dapat tercipta.

Sementara itu Ketua Baznas Kota Malang Prof. Kasuwi Saiban mengatakan santunan anak yatim ini merupakan rangkaian kegiatan pada bulan Muharam yang tahun ini mengangkat tema Lebaran Yatim, Berbagi Cinta Berlimpah Berkah. Selain penyaluran santunan kali ini, pada hari minggu lalu Baznas Kota Malang juga telah menggelar khitanan massal.

“Ini merupakan kebersamaan kita atas tugas dan wewenang dari seluruh organisasi zakat bersama OJK, Pemerintah Kota Malang dan seluruh pihak yang telah mendukung kami,” terang Kasuwi. (cah/yon).

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content