Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memberikan apresiasi kepada inovator yang telah berpartisipasi dalam Lomba Inovasi dan Teknologi (INOTEK) Kota Malang 2024. Apresiasi ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST, MT kepada para pemenang saat apel pagi di halaman Balai Kota Malang, Senin (30/9/2024).

Sekda Kota Malang Erik Setyo Santoso dan Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu foto bersama pemenang usai menyerahkan penghargaan

Sekda Erik usai menyerahkan penghargaan menyebutkan bahwa ajang ini memiliki makna penting bagi pengembangan kreasi dan inovasi di bidang teknologi informasi. Ajang ini juga menjadi upaya mendorong kemajuan teknologi dan inovasi di Kota Malang. Inotek menjadi platform bagi para innovator, baik pelajar, akademisi, dan masyarakat umum untuk menunjukkan kreativitas dan kemampuan dalam mengembangkan solusi teknologi untuk membawa Kota Malang menjadi lebih baik.

“Lomba ini saya harap juga bisa menjadi wadah bagi para inovator-inovator muda untuk menjadi media menampilkan ide-ide brilian, serta menciptakan solusi-solusi yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat,” terangnya.

Lomba INOTEK Kota Malang 2024 mengangkat tema ‘Inotek Berkembang untuk Kota Malang Berkelas’ dan mencakup tiga bidang utama. Pertama, bidang website dan/atau Mobile App yang terkait dengan pengembangan aplikasi yang dapat mempermudah kehidupan warga Kota Malang. Kedua, bidang agribisnis dan energi baru terbarukan terkait inovasi di sektor pertanian dan energi terbarukan untuk masa depan yang lebih hijau. Ketiga, bidang sosial budaya terkait solusi kreatif untuk memajukan aspek sosial dan budaya di Kota Malang.

Para peserta pun menunjukkan dedikasi dan usaha yang luar biasa dalam menyusun, mengembangkan ide-ide briliannya.”Proses penjuriannya pun tentu saja tidak mudah. Karena itu terima kasih kepada tim juri yang telah mendampingi kita. Mengingat kualitas dan keunikan setiap karya yang masuk, saya percaya bahwa setiap ide yang tercipta dari peserta telah memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan teknologi dan juga pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Penilaian yang diberikan juga tidak luput dari kesesuaian indikator yang telah ditetapkan. Ditambah pula dengan orisinalitas gagasan, maupun ide-ide dari peserta. Pemberian hadiah serta piagam penghargaan ini adalah salah satu bentuk apresiasi kerja keras dan kreativitas lomba INOTEK. Sekda Erik berharap ajang INOTEK ini menjadi inspirasi dan semangat baru bagi semua untuk terus menciptakan inovasi yang memberikan dampak-dampak positif bagi Kota Malang.

“Kami ucapkan selamat kepada semua pemenang yang telah berhasil meraih penghargaan. Semoga capaian ini jadi motivasi, tidak berhenti berkarya dan berinovasi di masa depan. Dan juga raihan prestasi ini bisa menjadi jalan pembuka melangkah ke jenjang berikutnya, baik di tingkat provinsi ataupun nasional yang akan membawa nama harum Kota Malang,” pungkasnya. (yul/yon)

Daftar nama pemenang Lomba INOTEK Kota Malang Tahun 2024:

Bidang Website dan/atau Mobile App

  • Juara I: “PIJAR MANCAKSA” Aplikasi Pembelajaran Mandala Cipta Ksatria
  • Juara II: Cegah Bullying Sekolah Aman (CBSA)
  • Juara III: Edukasi Literasi Keuangan Melalui Aplikasi Wealth Wise untuk Pencegahan Pinjol Siswa MTS Negeri 1 Kota Malang
  • Juara Harapan I: “DATAMBOIS” Sistem Pembuatan Database Mandiri Berbasis Online Sederhana
  • Juara Harapan II: Rancangan Aplikasi Mobile PAMONGTAMA untuk Monitoring Angkutan Kota Malang

Bidang Agribisnis dan Energi Baru Terbarukan

  • Juara I: “PASSUS” Teknologi Pemanasan Memaksimalkan Pasteurisasi Susu dengan Penyimpanan Panas Inovasi
  • Juara II: Pemanfaatan Teknologi Vacuum Drying dalam Proses Pembuatan Produk Kolostrum Kambing Bubuk
  • Juara III: “WATER MAS” Sistem Water Treatment untuk Masyarakat Sekolah
  • Juara Harapan I: “ENPROS” Enkapsulasi Propolis Bubuk untuk Peningkatan Kualitas dan Efektivitas Produk menggunakan Teknologi Vacuum Drying
  • Juara Harapan II: BRIKOMEK Berbasis Screw Press

Bidang Sosial Budaya

  • Juara I: “MOBI-RS” (Mini On Boarding of iLitteriess Recycling Station) the Next Level of Waste Bin
  • Juara II: “PROGRAM GEMAR AKSIS” Gerakan Membaca Rangkum Aksikan di Spentigaluh
  • Juara III: “BENANG MASS” Belajar Menyenangkan Bersama Siswa Spesial
  • Juara Harapan I: Inovasi Pelestarian Kerajinan Topeng Malangan sebagai Kearifan Lokal Malang dengan Revitalisasi Branding “Veily” Berbasis Smart Application untuk Mewujudkan Ekonomi Kreatif dan SDGs Indonesia 2039
  • Juara Harapan II: Kampung Qur’an Sudimoro

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content