Klojen (malangkota.go.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya memiliki layanan klinik kesehatan yang tidak hanya melayani pekerja KAI, namun juga melayani masyarakat umum maupun pasien BPJS. Klinik ini menyediakan berbagai layanan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan dokter umum, dokter gigi, serta layanan farmasi.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, saat ditemui pada Kamis (21/11/2024) mengatakan bahwa KAI Daop 8 Surabaya memiliki lima klinik kesehatan di Daop 8, yakni Klinik Mediska Sidotopo Surabaya, Klinik Mediska Surabaya Gubeng, Klinik Mediska Mojokerto, Klinik Mediska Sidoarjo, dan Klinik Mediska Malang.
Di Kota Malang, Klinik Mediska Malang beralamat di Jl. Gajahmada No.15, Kecamatan Klojen, Kota Malang. “Jam operasional Klinik Mediska yakni Senin-Kamis mulai pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB, Jumat-Sabtu pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB,” terangnya.
Lebih lanjut diungkapkannya bahwa pada periode Januari – Oktober 2024, Klinik Mediska Malang telah melayani 4.146 pasien, yang terdiri 1.784 pasien BPJS, 119 pasien umum, 2.243 pasien keluarga dan pekerja. Secara keseluruhan, Klinik Mediska di Daop 8 Surabaya memiliki tujuh dokter umum, enam dokter gigi, dan layanan farmasi.
Klinik Mediska Malang telah mendapatkan akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan. Selain itu, Klinik Mediska juga melayani program pemerintah seperti Vaksin Covid-19 dan pengelolaan penyakit TBC.
KAI Daop 8 Surabaya berharap dengan hadirnya layanan kesehatan milik KAI di wilayah Kota Malang bisa membantu para pelanggan maupun masyarakat di sekitar ketika membutuhkan akses layanan kesehatan dengan standar kualitas yang terverifikasi sesuai syarat.
Kehadiran klinik baru ini pun mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif. Menurutnya, dengan adanya klinik ini akan turut membantu masyarakat saat membutuhkan pelayanan kesehatan.
“Dengan semakin banyaknya klinik kesehatan seperti ini, maka akan sangat membantu masyarakat. Warga semakin banyak pilihan layanan kesehatan yang baik. Apalagi ini milik PT KAI, tentu layanannya sangat baik,” jelas dr Husnul saat dihubungi via ponselnya. (say/yn)