Berita

Lapas Wanita Kelas IIA Sukun Zero Narkoba

Sukun, MC – Untuk menciptakan lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang bersih dari narkoba (narkotika dan obat/bahan berbahaya) digelar operasi gabungan oleh Badan Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Lapas Lowokwaru, BNN Kota Malang, Polres Malang Kota serta dari jajaran TNI yang dilakukan pada Kamis (17/3) malam di Lapas Wanita Kelas IIA, Sukun, Kota Malang.

     Warga binaan Lapas Wanita Kelas IIA Sukun melakukan tes urine secara bergantian, Kamis (17/3)

Warga binaan Lapas Wanita Kelas IIA Sukun melakukan tes urine secara bergantian, Kamis (17/3)

Menurut Kalapas, Ngatirah kepada wartawan di sela-sela acara operasi gabungan dan penggeledahan menyatakan bahwa lapas zero narkoba ini adalah instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

Jumlah warga binaan di lapas Sukun ini sebanyak 388 narapidana, sebanyak 60 persen tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba. Jumlah itu sudah termasuk tambahan 30 warga binaan dari lapas Medaeng Surabaya beberapa waktu lalu.

Tak hanya 30 warga binaan baru yang diindikasi menggunakan narkoba, tapi 20 satgas lapas pun mengikuti tes urine sehingga nantinya di lapas benar-benar terbebas dari barang haram itu,” imbuh perempuan berjilbab itu.

Sekitar pukul 21.00 WIB setelah menggelar apel koordinasi dan pembagian tugas dari para petugas operasi gabungan mereka pun langsung menuju blok-blok atau kamar-kamar warga binaan lapas. Terlihat semua warga binaan yang ada di dalam kamar disuruh keluar untuk sementara, karena akan diadakan penggeledahan. Sebagian dari mereka pun digiring ke poliklinik untuk mengikuti tes urine.

Penggeledahan dan tes urine ini selesai sekitar pukul 23.00 WIB dan ditemukan barang-barang yang tidak semestinya. Petugas menemukan paku, kosmetik, obat-obatan generik, baju dan celana berukuran mini, kosmetik dan lain-lain. Barang-barang itu memang harus disita karena menurut Ngatirah semua kebutuhan warga binaan sudah dipenuhi.

“Nantinya kami akan melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan, barang-barang itu diperoleh dari mana dan mau digunakan untuk apa. Kami tentu akan memberikan sanksi dan jika mengarah ke tindak kriminal akan kami serahkan kepada pihak kepolisian. Untuk tes urine hasilnya negatif semua. Jadi untuk saat ini lapas wanita Sukun dikatakan zero narkoba,” jelas Ngatirah. (say/may)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content