Berita

Ketua TP PKK Kota Malang Apresiasi Gelaran Festival Kuliner

Klojen (malangkota.go.id) – Masih dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-103 Kota Malang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang kembali menggelar Festival Kuliner di halaman depan Balai Kota Malang, Sabtu (8/4).

Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani menyambangi stan-stan Festival Kuliner

Festival kuliner ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Malang Hj. Dewi Farida Suryani didampingi oleh Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, SH, M.Si, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Drs. Indri Ardoyo, M.Si serta dihadiri dari Polres Malang Kota, PDAM Kota Malang, Pegadaian Kota Malang, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Ma Chung Malang, ABM Malang, serta para pemerhati dan pecinta kuliner Kota Malang.

Ketua TP PKK Kota Malang yang biasa disapa Umi Farida itu dalam sambutannya menyampaikan bahwa kuliner memang awalnya adalah suatu pelengkap kegiatan wisata, namun kemudian berkembang menjadi salah satu bentuk wisata khusus yg disebut dengan istilah wisata makanan atau food tourism.

“Untuk itulah perlu diadakannya langkah-langkah untuk terus melestarikan kuliner lokal Kota Malang agar makanan khas Kota Malang tidak tertinggal, namun bisa maju dan berkembang dengan signifikan sehingga bisa mendatangkan penghasilan ekonomi yang melimpah melalui pemikir-pemikir kreatif yang bisa mengembangkan kuliner tradisional masa depan,” terangnya.

“Saya sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya Festival Kuliner Kota Malang sebagai ajang representasi kuliner dari berbagai wilayah di Kota Malang untuk khalayak luas, nasional dan internasional yang bertujuan menjadikan kuliner Kota Malang yang lahir dari kemampuan asli bangsa Indonesia sejajar dengan berbagai kuliner dunia,” imbuh Umi Farida.

Sementara itu Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni memberikan support kepada warga masyarakat agar terus menciptakan inovasi kuliner, serta terus mempopulerkan kuliner Kota Malang di kancah nasional. “Agar masyarakat nasional juga jauh lebih mengenal kuliner asli Kota Malang,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Pemerhati kuliner Tri Agung Budi Prasetya. Ia menyampaikan bahwa kuliner Kota Malang jika terus ditingkatkan inovasi dan perkembangannya, maka nantinya kuliner Kota Malang dapat dikenal di seluruh Indonesia serta dapat menjadi barometer kuliner nasional. Tri Agung sendiri selain pemerhati kuliner juga merupakan Ketua AKI (Asosiasi Kuliner Indonesia) di Malang dan beberapa wilayah di Indonesia. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content