Berita

Walikota Malang Resmikan Aplikasi Sakdino Kelurahan Dinoyo

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Walikota Malang H. Moch. Anton meresmikan aplikasi Sakdino di Kantor Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jum’at (14/7).

Walikota Malang, H Moch Anton menunjukkan aplikasi sakdino

Kata Sakdino (berasal dari bahasa Jawa yang artinya sehari/satu hari_red) merupakan kepanjangan dari Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo yang dibuat untuk mempermudah layanan publik kepada masyarakat. Peresmian aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis android yang diberi nama Sakdino inipun menuai respons positif dari Walikota Malang.

Selain Walikota Malang, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH, Lurah Dinoyo Arif Tri Sastyawan, Camat Lowokwaru Imam Badar, dan beberapa kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang.

Didampingi Ketua TP PKK Kota Malang Hj. Dewi Farida Suryani, Walikota yang akrab disapa Abah Anton tersebut menjelaskan jika produk utama penyelenggaraan pemerintahan adalah layanan publik.

Karenanya, dalam upaya untuk melakukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik instansi pemerintah, pemerintah daerah dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

“Kelurahan merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Kota Malang dan menjadi tempat tujuan utama masyarakat untuk mendapatkan berbagai pelayanan kepemerintahan, ” kata Abah Anton.

Pembangunan ruang command center (NCC-Ngalam Command Center_red) pada akhir bulan Juli ini akan digunakan walikota untuk melakukan kontrol terhadap seluruh kegiatan OPD.

“Saat ini bentuk fasilitasi pemerintah pusat untuk mendorong pemerintah daerah dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik agar senantiasa meningkat dari waktu ke waktu. Pengembangan e-Government dalam penyediaan layanan kepada masyarakat ini juga mendukung Kota Malang dalam perkembangan program Smart City,” ujarnya.

Peresmian diawali dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali, apresiasi dan penghargaan yang tinggi disampaikan oleh Abah Anton kepada Kelurahan Dinoyo yang telah berhasil mengembangkan aplikasi Sakdino.

Lurah Dinoyo, Arif Tri Sastyawan, menyampaikan bahwa masyarakat Dinoyo yang sebagian besar sudah berpengalaman dalam penggunaan smartphone, dan untuk mengatasi keluhan-keluhan dari masyarakat tentang pengurusan administrasi maka diciptakanlah program aplikasi Sakdino yang dapat diterapkan tidak hanya di Kelurahan Dinoyo saja, melainkan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Malang. (say/yon)