Artikel

Nuansa Berbeda Pameran Foto ‘Lebur’ di Kayutangan

Klojen (malangkota.go.id) – Sangat menarik apa yang digagas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Club Student (Focus) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Hal yang tak biasa mereka suguhkan di kawasan Kayutangan (Jl. Jenderal Basuki Rachmat Gang IV) Malang.

Pameran Lebur di Kayutangan

Pameran foto yang biasanya digelar di dalam ruangan, kali ini disuguhkan oleh UKM Focus di ruang terbuka dengan menggunakan media pagar rumahg warga Kayutangan. Tentu hal ini menjadikan warga atau pengunjung yang melihat mendapatkan nuansa yang berbeda.

Pameran foto yang diberi judul ‘Lebur’ ini digelar kemarin, Selasa (22/8) dengan harapan bisa menghidupkan kembali memori masa lalu tentang Kayutangan sebagai tempat legendaris masa lalu yang merupakan tempat favorit pada zaman dulu.

Panitia pameran dari Focus UMM, Sofia Hisyam, mengungkapkan pihaknya sudah melakukan beberapa kali survei untuk menggelar pameran foto dengan konsep ini. Dari beberapa tempat yang telah dikunjungi, Kayutangan Gang IV akhirnya menjadi pilihan terbaik.

“Nuansa klasik Kayutangan, hiruk pikuk denyut nadi kehidupan di Kayutangan, sangat pas dengan apa yang ingin kami sampaikan melalui foto,” jelas Sofia, demikian panggilan Sofia Hisyam, Selasa (22/8).

Pada kesempatan ini Sofia juga mengungkapkan, ‘Lebur’ yang menjadi tema pameran kali ini diangkat karena Focus memang ingin mengajak peserta pameran, masyarakat, dan alam untuk bersatu padu sehingga menyatu menghadirkan harmoni keindahan di tengah hiruk pikuk keramaian kota.

Pameran foto ‘Lebur’ menampilkan 12 tema hasil karya, mulai dari Wayang Suket, Inspirasi Kopi, Becak Kayutangan, Sunrise Pantura, Pagi Suramadu, Sang Penghibur, Tua Penuh Kenangan, dan lainnya.

Diceritakan Sofia, selain pameran kali ini, UKM Focus juga banyak menggelar berbagai kegiatan lain, seperti halnya pameran pendidikan, hunting bersama, dan masih banyak yang lainnya.

“Lebur adalah pameran kami terakhir menjadi pengurus Focus. Setelah pameran ini akan ada lagi pengurus-pengurus baru yang akan melanjutkan UKM Focus,” terang Sofia.

Sofia mengatakan, skill para anggota Focus akan semakin terasah seiring dengan seringnya para anggota mengikuti pameran pemeran. Menurutnya, hanya dengan terus berlatih dan berlatih lah kemampuan memotret bisa terasah dan semakin bagus. (cah/yon)